Sunday, April 13, 2014

Beruntungnya Murai Batu Indonesia

Indonesia kaya dengan banyak jenis satwanya dan salah satunya ialah spesies burung di Indonesia. Tercatat bahwa jumlah burung yang ada di seluruh dunia mencapai 10.000 dan lebih dari separuh ada di Indonesia. Menyimak salah satu jenis burung yang ada di Indonesia ialah Murai Batu. Masyarakat yang sejak dulunya sangatlah menyukai burung ocehan terutama jenis burung murai batu. Ini beralasan kuat karena murai batu banyak mempunyai kelebihan di antara burung-burung yang lain di antaranya bersuara merdu dan harganya lumayan mahal.

Murai batu yang ada di Indonesia ada sekitar tujuh jenis di antaranya Murai Batu Medan, Murai Batu Nias, Murai Batu Aceh, Murai Batu Borneo (Kalimantan), Murai Batu Jambi, Murai Batu Jawa (Larwo), dan Murai Batu Lampung. Kesemua dari murai batu tersebut sangatlah digemari oleh masyarakat Indonesia maupun luar negeri dengan mempunyai kelebihan masing-masing dari setiap jenis murai batu tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa murai batu Indonesia sangatlah beruntung dibanding jenis burung ocehan lainnya yang ada diluar negeri. Alasan-alasan yang membuat keberuntungan tersebut tak lepas dari banyaknya pecinta burung murai batu membuat banyak event khusus untuk murai batu, membuat penangkaran bagi budidaya murai batu, dan menjadikannya burung peliharaan dengan perawatan yang spesial.
Gambar: Murai Batu
Bagi murai batu sendiri adalah mudahnya jinak kepada manusia serta sifat manja membuat murai batu banyak dipilih sebagai burung ocehan untuk diperlombakan ataupun untuk dipelihara saja. Disamping itu juga murai batu dari semua spesies di Indonesia mempunyai sifat IQ tinggi yang mampu menghapal banyak nada dari yang didengarnya sehingga sering memenangi kontes burung ocehan. Inilah salah satu menjadi alasan lain bahwa murai batu dapat dibanggakan oleh pecinta burung ocehan di Indonesia. Dan juga murai batu yang diperlombakan dengan burung ocehan lainnya sering mendapatkan peringkat pertama karena mental yang kuat dimilikinya dan adaptasi yang baik ketika dipindahkan kekandang lainnya.
Baca juga:
Apalagi jika anda pernah mendengar kebolehan kicauan burung murai batu Nias dan Medan yang diperlombakan tidak hanya di Indonesia tapi juga telah sampai ke negeri tetangga Malaysia. Dari ciri khasnya pun, murai batu Indonesia memegang semuanya seperti murai batu medan yang ciri khasnya ekornya sangat panjang, murai batu nias ciri khasnya warna hitam pekat dari kepala sampai ekornya, murai batu borneo memiliki ekor yang pendek, dan murai batu jawa ciri khasnya yang kalau berkicau maka bulu di atas kepalanya akan naik.

Menelisik dari segi bisnis untuk murai batu sangatlah menguntungkan mengingat sejarahnya dahulu bahwa murai batu telah dikenal masyarakat sebagai burung ocehan yang sudah banyak dipunyai oleh orang-orang. Melihat inilah prospek bisnis melalui penangkaran untuk membudiyakan membuat murai batu jumlahnya bertambah terus dan permintaan semakin meningkat karena murai batu banyak di cari oleh pecinta burung ocehan dari dulu sampai sekarang.

Melihat yang dituliskan itulah bahwa murai batu Indonesia begitu beruntung dengan mempunyai kualitas tinggi dari suaranya, postur tubuhnya yang beragam dan gaya petarung berbeda-beda dari setiap jenisnya. Serta bisa diistilahkan kata ‘anak kandung’ bagi murai batu Indonesia dibanding burung ocehan luar negeri. Istilah demikian dikatakan karena murai batu Indonesia tetap menjadi pilihan nomor satu jika harus dibandingkan dengan burung ocehan dari luar negeri yang masuk ke Indonesia.

Dan setelah menyimak dari kelebihan dan semua tentang murai batu Indonesia jelas sudah bahwa murai batu Indonesia memang beruntung dari jenis burung ocehan lainnya yang berasal dari luar negeri.

Gambar :
1. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi_7VBWAzEX4t5l-68B7O2xbMr3vU9aDbPQWTfdHuk8WjoWgulC1yeD36FkIQlnfWRjkrrRmHr-gg2CQp0lGX5SN-x97F3XGcCwizqRO0e5tb66kOjmNSd8UWhi_Gbd5kjwJkcA7qWKEDJY/s1600/MBMedan2.jpg

0 komentar:

Post a Comment