Saturday, April 12, 2014

Buah Manggis dan Khasiatnya Bagi Kesehatan

Pernahkah anda memakan buah manggis nan segar rasanya? Pastinya sudah. Karena buah manggis sudah cukup familiar bagi kita yakni masyarakat Indonesia. Ya, dari penelitian menjelaskan bahwa buah manggis adalah buah asli dari Indonesia yang tumbuh subur di semua kepulauan nusantara dari sabang sampai marauke sehingga sudah lumrah dikenal oleh semua lapisan masyarakat. Sanking menjamurnya buah manggis di Indonesia membuat buah ini dijuluki sebagai “rajanya buah” dan juga dikenal luas oleh orang-orang luar negeri yang tahu bahwa buah manggis mengandung kadar antioksidan tinggi yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Pohon manggis yang hidup subur di Indonesia biasanya memiliki tinggi 7 sampai 25 meter tergantung tekstur tanah di masing-masing daerah dan tiba musim berbuah umumnya pohon manggis bisa menghasilkan ratusan buah manggis yang siap untuk di panen. Bagi anda yang belum pernah melihat buah manggis maka ciri-ciri dari buah manggis ialah berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah.

Gambar: Buah Manggis
Nah, tahukah anda bahwa buah manggis mempunyai kandungan gizi tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan gizi yang terkandung dalam buah manggis itu ada bermacam-macam di antara ialah vitamin C, Serat, Kalsium, Katekin dan Proanthocyanidins. Sedangkan untuk kulit buah manggis juga terkandung banyak gizi di antaranya antioksidan yang bernama Xanthones yang bisa dimanfaatkan sebagai penyangkal anti kanker, anti inflamasi, anti virus, anti bakteri, anti jamur dan juga antioksida. Maka dari itu sejak dulu banyak masyarakat di dunia seperti Indonesia, Cina, dan India telah memanfaatkan buah manggis dan kulitnya sebagai obat tradisional yang ampuh menyembuhkan berbagai penyakit disamping rasa buahnya yang memang enak.

Menguak lebih jelas mengenai khasiat yang terkandung dari buah manggis maka saya menuliskan semua khasiat yang ada pada buah manggis. Nah inilah khasiat-khasiatnya:
  • Mampu memerangi infeksi virus, bakteri, dan demam.
  • Melindungi kesehatan otak dan saraf sehingga terhindar dari kepikunan.
  • Dapat mengurangi gula darah pada diabetes tipe II dengan mengarahkan insulin lebih aktif. 
  • Mampu untuk meningkatkan energi tanpa stimulan.
  • Meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh sehingga terhindar dari penyakit alergi disebabkan oleh cuaca ataupun makanan.
  • Mampu meringankan penyakit diare, menjaga kesehatan usus, dan menstimulasi kesehatan usus normal. 
  • Mampu mengurangi lemak tubuh sehingga tepat digunakan bagi anda yang ingin diet atau yang ingin mengurangi berat badan.
  • Baik digunakan pada kulit dan wajah anda yang bisa untuk memberantas jerawat dan mempercepat proses penyembuhan luka di kulit.
  • Bisa mengurangi kerusakan radikal bebas dan inflamasi di tubuh dengan terjaganya kesehatan pembuluh darah, mengatur kadar kolestrol, melindungi otot jantung, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Nah, tahu sudahkan khasiat-khasiat yang terkandung pada buah manggis yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Sehingga bagi anda yang belum pernah memakan buah manggis satu kalipun, saya sarankan setelah membaca artikel ini mulailah makan buah manggis. Oke.

Oleh : Satria Dwi Saputro
Sumber:
1. http://www.gakbasi.com/10-manfaat-buah-manggis-untuk-kesehatan.html
2. http://id.wikipedia.org/wiki/Manggis

Gambar:
1. http://www.internet.web.id/2012/05/gambar-buah-manggis-segar.html

0 komentar:

Post a Comment