Monday, April 14, 2014

BURUNG PENGUIN

Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Aves
Infrakelas : Neognathae
Ordo : Sphenisciformes
Family : Spheniscidae

Tahukah anda mengenai burung yang hidupnya di tempat bersalju dan tidak dapat terbang?. Ya,  jawabnya ialah burung penguin. Penguin adalah salah satu dari 10 jenis burung yang tidak bisa terbang tetapi menjadi perenang ulung yang tidak terkelahkan di lautan. Populasi dari burung penguin dapat dengan mudah ditemukan di bagian selatan dari bumi yakni Antartika yang hampir semua spesies dari Penguin menetap disana. Uniknya dari burung penguin ialah sikap berani untuk mendekati manusia tanpa ada rasa takut. Hal ini banyak dijumpai di antartika ketika kawanan mereka yang diteliti oleh para ilmuan tidak takut tetapi mereka malah mendekat dan terlihat senang.

Gambar Burung Penguin
Burung penguin jumlah spesiesnya mencapai 16 spesies yang tersebar di seluruh penjuru dunia dengan tinggi rata-rata yang hanya 1,1 meter saja dan jenis burung penguin yang mencapai tinggi 1.1 meter itu adalah jenis penguin Kaisar dengan berat badan 35 kilogram. Penyebaran burung penguin tidak hanya mentok di daratan kutub selatan saja tetapi menyebar di bebarapa tempat termasuk di antaranya yang beriklim tropis seperti di kepulauan Galagapos dan melewati daerah katulistiwa untuk sekedar mencari makan.

Laut bagi penguin adalah tempat satu-satunya untuk mencari makan karena di lautlah banyak terdapat ikan-ikan kecil dan cumi-cumi. Dari itu sekitar 75% dari waktunya sehari-hari dihabiskan untuk berburu makanan di lautan yang dingin. Burung penguin yang dikatakan sebagai perenang ulung itu tepat sekali karena kemampuannya berenang mencapai kecepatan 12km/jam  dengan kemampuan menyelam sampai 20 menit lamanya sehingga dapat cepat menyergap gerombolan ikan-ikan dan cumi-cumi yang sedang berenang. Nah, untuk menghindarkan dari para pemangsanya, biasanya burung penguin memanfaatkan warna hitam pekat di punggung tubuhnya yang difungsikan sebagai penyamaran yang efektif saat berenang di lautan lepas dan yang menjadi pemangsa aktif mereka ialah anjing laut dan paus pembunuh.

Alaminya kalau burung itu jarang ada yang mampu hidup di daerah yang daratannya dipenuhi oleh bongkahan es yang besar tetapi untuk burung penguin itu tidak berlaku. Burung penguin satu-satunya jenis burung yang mampu hidup daerah bersalju seperti kutub selatan karena timbunan lemak yang padat dan bulu anti air yang menjaga suhu tubuhnya agar tidak dingin. Diwaktu berenang di laut burung penguin terkadang meminum air laut dengan sengaja dan itu tidak menjadi persoalan. Air laut yang diminumnya itu akan disaring melalui kelenjar supraorbital yang memisahkan garam yang terkandung di air laut. Garam yang sudah dipisahkan itu berupa cairan seperti air biasa yang dikeluarkan melalui saluran pernapasannya.

Memahami karakteristik dari burung penguin adalah kesetiaannya. Burung penguin hanya kawin sekali dalam seumur hidupnya untuk membuktikan kesetiannya terhadap pasangannya. Ketika menjaga anaknya biasanya burung penguin melakukannya secara bergantian dan yang tidak menjaga anaknya mencari makanan di laut untuk dimakan sendiri dan diberikan kepada anaknya. Disamping karakteristiknya yang menjaga kesetiannya penting juga diketahui kemampuannya yakni mempunyai pendengaran yang tajam. Diwaktu burung penguin berenang yang diandalkannya untuk mencari mangsa adalah matanya yang difokuskan untuk melihat ikan dan pendengarannya yang difungsikan untuk alarm ketika sedang dalam bahaya. Ketajaman pendengaran telinganya membuat para predator pemangsa burung penguin sering ketahuan deluan sebelum berhasil menyergapnya.

Yups, itulah informasi yang detail mengenai burung penguin. Bahwa burung penguin termasuk kelas aves yang bertelur dan hidupnya di daerah kutub selatan yang bersuhu di bawah 0 derajat celcius. Terimakasih.

Oleh : Satria Dwi Saputro
Sumber:
1. http://id.wikipedia.org/wiki/Penguin
2. http://www.amazine.co/150/apa-saja-informasi-fakta-menarik-tentang-penguin/

Gambar:
1. http://fotohewan.info/wp-content/uploads/2013/12/Pinguin.jpg

0 komentar:

Post a Comment