Friday, April 11, 2014

Kantong Semar: Tumbuhan Karnivora

Tahukah anda bahwa ada tumbuhan yang bisa menangkap serangga dengan meranjaunya masuk ke dalam kelopaknya lalu memakannya. Nah, jenis tumbuhan tersebut ialah dinamai dengan sebutan Kantong Semar atau Nepenthes. Kantong Semar adalah jenis tanaman yang tumbuh subur di daerah tropis dengan penyebarannya ada di Indonesia, China, Malaysia, India, Srilanka dan dibeberapa Negara beriklim tropis lainnya di Asia. Namun, untuk penyebarannya yang paling banyak tentu berada di Indonesia dengan dapat dijumpai di daerah Borneo, Sumatera, Papua, dan Maluku.  

Kantong Semar pada umumnya memiliki ciri-ciri dengan pertumbuhan mencapai 15 sampai dengan 20 meter dengan cara melingkar pada batang pohon. Sedangkan pada ujung daunnya terdapat sejenis sulur yang berbentuk seperti kantong yang memiliki fungsi sebagai perangkap yang digunakan untuk menjebak para serangga masuk ke dalam kantong tersebut. Sementara untuk bisa meranjau mangsanya, kantong semar memiliki cairan untuk membunuh mangsa yang berada di dalam kantong perangkap tersebut. Disamping itu untuk memikat para mangsanya terutama serangga biasanya tanaman kantong semar mengeluarkan bau yang wangi-wangian sehingga para mangsa yang masuk ke dalamnya akan segera dibunuh menggunakan cairan yang berada di dalam kantong tersebut.
Gambar: Tanaman Kantong Semar
Kantong Semar di Indonesia
Tanaman Kantong Semar yang berada di Indonesia tidaklah terkenal begitu saja tetapi ada sebab yang menjadikan tanaman ini begitu dikenal oleh masyarakat sekarang ini. Bahwa orang yang pertama kali mengenalkan tanaman ini ialah J.P Breyne pada tahun 1689. Untuk Indonesia sudah tak begitu asing dengan tanaman Kantong Semar ini dengan diberbagai daerah berbeda-beda dalam penyebutan namanya. Bagi masyarakat yang tinggal di daerah Riau menyebutnya dengan nama Periuk Monyet, lain pula sebutannya untuk daerah Jambi yang menamainya Kantong Beruk, sedangkan untuk masyarakat Bangka menyebutnya Ketakung. Dari nama-nama tersebut sejatinya penyebutan untuk Kantong Semar begitu banyak namanya sehingga tepat bila dikatakan tanaman ini adalah jenis tanaman yang eksotis.

Dari jenisnya bahwa Kantong Semar terdapat 103 jenis yang tersebar di penjuru negara-negara asia termasuk sebagian besarnya berada di Indonesia. Namun tanaman Kantong Semar sekarang ini telah digolongkan ke dalam jenis tanaman langka yang patut untuk dilindungi. Perburuan secara berlebihan terhadap Kantong Semar dikarenakan tanaman ini begitu banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia sehingga menyebabkan masyarakat dari pedalaman maupun perkotaan memburunya dengan tidak memperhatikan populasinya yang semakin sedikit.

Membicarakan manfaatnya bahwa Kantong Semar biasanya digunakan sebagai obat batuk dengan mengambil cairan air yang berada di dalam kantong yang masih tertutup. Manfaat lainnya ialah ketika orang sedang melakukan perjalanan di tengah hutan dan menemukan tanaman Kantong Semar maka biasanya airnya diminum oleh penjelah hutan ataupun pendaki gunung. Bagi pecinta tanaman hias biasanya menggunakan tanaman Kantong Semar sebagai tanaman hias yang tergolong langka dan harganya tergolong mahal. 

Tanaman Langka
Bahwa dikatakan tadi tanaman Kantong Semar tergolong ke dalam jenis tanaman langka yang butuh perlindungan untuk dilestarikan agar tidak punah. Karena tanaman unik seperti kantong semar merupakan kekayaan alam yang patut untuk disyukuri dengan tidak mengeksploitasinya secara berlebihan sehingga tanaman Kantong Semar tetap lestari di habitat aslinya. Sehingga generasi mendatang bisa melihatnya secara langsung tidak hanya berupa gambar

Yups, itulah informasi mengenai tanaman Kantong Semar yang bisa menambah pengetahuan kita bahwa tanaman ini termasuk tanaman pemangsa serangga yang begitu unik bentuknya. Dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semuanya. Terimakasih.

Oleh : Satria Dwi Saputro
Sumber:
1. http://www.ksdasulsel.org/artikel/134-flora/137-kantong

Sumber Gambar:
1. http://www.biologipedia.com/wp-content/uploads/2014/10/Ciri-khusus-pada-tumbuhan-k.jpg

0 komentar:

Post a Comment