Sunday, April 27, 2014

Membicarakan Keelokan Danau Malawi

Jika mencari tempat wisata yang paling terkenal di dunia melalui Google maka akan diarahkan untuk memilih tempat wisata Danau Malawi. Danau Malawi adalah danau terbesar ke delapan di dunia dan danau terbesar  ketiga di Afrika. Dari namanya yang terkenal dengan sebutan Malawi ada juga nama lain yang akrab disebut masyarakat di belahan negara lain terhadap keelokan alamnya ialah  dengan nama danau Nyasa. Secara geografi danau Malawi terletak di Malawi, Mozambik, dan Tanzania yang membuat danau tersebut menjadi sarang saling klaim terhadap otoritas negara masing-masing terhadap pembagian wilayah terhadap danau Malawi. Merujuk ukurannya yang tentu sangat luas maka panjang 560 sampai 580 km dengan lebarnya mencapai 75 km di tambah jika diukur permukaannya maka akan dijumpai luas mencapai 29.600 km persegi dari garis pantai danau di barat Mozambik, Malawi Timur, serta Tanzania. Danau Malawi merupakan danau air tawar yang sangat jernih airnya serta berpenghuni banyak fauna menghidupi danau tersebut serta keadaan iklim yang termasuk iklim tropis.

Keindahan danau Malawi sangatlah terkenal dari jernihnya air di danau tersebut ditambah pepohonan yang tumbuh menyejukkan suasana danau malawi. Kejernihan airnya bukanlah seperti keadaan air tawar pada umumnya, kejernihan airnya lebih kepada air laut lepas yang membentang biru sampai menembus bebatuan di bawah danau tersebut. Dari keindahan seperti ini banyak wisatawan untuk berlibur melihat langsung surga yang jatuh di tanah afrika tersebut. Ikan-ikan yang hidup di danau tersebut sangat lah indah kelihatan dari tembusnya warna air sehingga seperti berada di laut lepas dan jikalau melakukan penginapan di daerah danau Malawi maka akan disuguhkan pondok-pondok cantik yang sengaja disewekan kepada wisatawan.

Gambar Danau Malawi di Afrika
Menakjubkan bila mengetahui sejarah danau malawi bahwa danau tersebut telah terbentuk sejak 40.000 tahun yang lalu atas pembentukan dari lempengan yang terbagi dua dikarenakan pembukaan lembah di Afrika Timur. Menyimak dari itu bahwa danau malawi berada di Great Reaf Valley yang berada di Afrika Timur serta diapit oleh tiga negara.

Mengatakan juga dewasa ini bahwa dari keelokan yang ditawarkan danau Malawi melihat air tawar yang begitu jernih seperti tidak pada umumnya terjadi terhadap setiap danau berair tawar membuat UNESCO mencatatkan bahwa danau Malawi merupakan warisan dunia yang patut untuk dilindungi keasriannya serta negara menjadikan danau Malawi sebuah taman nasional air tawar atas keelokan yang dipunyanya. Melanjutkan bahwa dari danau Malawi yang juga mengalir sungai Ruhuhu serta juga danau tersebut mempunyai aliran keluar air melalui dari Sungai Shire.

Hal-hal seperti di ataslah yang menyebabkan banyak wisatawan dari berbagai negara untuk mengunjungi danau Malawi yang akan melihat seperti surga dan tak kala hebat dari tempat wisata lainnya terkenal di belahan dunia. Membuat para touris jika melakukan penyelaman seperti di laut lepas maka akan menyaksikan ribuan ikan yang berenang begitu nyata bentuknya dan bebatuan bawah danau begitu cantik menatap dari atas air danau. Memijak bibir danau maka akan sangat nyaman sekali merasakan lembutnya pasir putih di pantai danau Malawi sehingga tak salah keeksotisannya menjadikan keelokan ketika berada di danau Malawi seperti menginjak surga dunia yang sangat memesona.

Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
1. http://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Malawi
2. http://blog.kliktoday.com/traveling/keindahan-danau-malawi/

Gambar:
1. http://www.griyawisata.com/internasional/africa/artikel/danau-malawi-yang-memukau-di-afrika

0 komentar:

Post a Comment