Friday, April 25, 2014

Mengenali Sifat-Sifat Murai Batu

Murai Batu sejatinya merupakan burung yang mempunyai banyak kelebihan di antara burung-burung ocehan lainnya yang membuat murai batu lebih dipilih oleh pecinta burung ocehan. Kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Murai Batu dapat dengan mudah diketahui dari sifat-sifat yang ada pada murai batu. Sifat-sifat pada murai batu inilah yang menjadi perbedaan antara burung murai batu dengan burung ocehan lainnya. Dengan demikian mengetahui sifat-sifat pada murai batu sangatlah diperlukan oleh orang-orang terutama pecinta burung ocehan itu sendiri. 

Baiklah, di bawah ini akan dituliskan sifat-sifat yang ada pada murai batu untuk dapat disimak oleh semuanya:

Gambar Murai Batu
Berani
Semua dari jenis murai batu yang telah dikenal kesemuanya mempunyai sifat berani. Keberanian pada murai batu ini membawa mereka dapat memenangi kontes burung ocehan dengan tak mau kalah dalam bertanding beradu suara dengan burung lain. Murai batu sangat mudah terpancing jika mendengar suara burung lain sehingga modal keberanian yang dimilikinya dapat menjadikan dirinya untuk menantang beradu suara dengan burung yang berkicau merdu. Hal inilah salah satu sifat yang penting dimiliki oleh murai batu terutama murai batu yang akan dipertandingkan karena tanpa keberanian pada murai batu sudah dipastikan murai batu tersebut akan kalah bertanding.

Mudah Stress
Ya, mudah stress merupakan salah satu sifat yang ada pada murai batu. Semua jenis murai batu mempunyai sifat mudah stress diakibatkan agak sulitnya menyatu dengan lingkungan baru atau perawatan yang buruk diterima oleh murai batu. Ketika murai batu stress maka hal ini sangat mengkhawatirkan bagi pemiliknya karena dampak yang selanjutnya murai batu tersebut akan sulit untuk makan dan mudah terkena penyakit. Sehingga bagi pemilik murai batu sangatlah penting mengenali sifat mudah stress pada murai batu untuk segera cepat dalam penangannya.
Baca juga:
Adaptasi yang baik
Adaptasi yang baik memang menjadi sifat dominan yang dimiliki oleh murai batu. Kenapa demikian? Dikarenakan dengan sifat inilah murai batu dapat diperlombakan dalam kontes burung ocehan dengan mengeluarkan performa terbaik dan menurut kepada pemiliknya. Adanya adaptasi yang baik pada murai batu membuat burung ini dicintai oleh pecinta burung ocehan karena mudah jinak, dalam pemberian makan dapat berubah dari habitat asli ke penangkaran, pemandian tidak menggunakan trik yang khusus sehingga mudah dalam proses pemandian, dan terpenting dalam melatih suaranya dapat dengan mudah menurut sehingga murai batu dapat menguasai banyak variasi suara untuk diperlombakan dalam kontes burung ocehan.

Beringas
Murai batu ketika memasuki masa perkawinan haruslah hati-hati dalam penangannya terutama murai batu jantan karena murai batu jantan mempunyai sifat yang beringas ketimbang yang betina. Murai batu jantan yang mempunyai sifat beringas tidaklah boleh disatukan dalam satu kandang dengan murai batu betina begitu saja karena dapat terjadi hal yang tidak diinginkan kepada murai batu betina. Sehingga haruslah dilakukan pendekatan secara hati-hati untuk dapat menjodohkan kedua murai batu tersebut. Sifat beringas pada murai batu memang perlu diketahui oleh pecinta burung karena dengan mengetahuinya akan lebih mudah dalam mengantisipasi ketika dilakukan prosesi perkawinan kepada murai batu itu sendiri.

Ringkasan dari sifat-sifat pada murai batu tersebut merupakan hal yang lumrah untuk kita ketahui bersama-sama. Dengan mengenali sifat-sifat murai batu maka kita sebagai pemilik murai batu dapat merawat dan melatihnya dengan benar.

Gambar:
1. http://www.kaskus.co.id/thread/5305c95920cb17aa1d8b4708/tips-perawatan-dan-cara-merawat-burung-murai-batu

0 komentar:

Post a Comment