Saturday, April 26, 2014

Perawatan Burung Ocehan Yang Stress

Terkadang di antara kita yang mempunyai burung ocehan dari beragam jenisnya bingun melihat keanehan berupa malas berkicau, hanya berdiam di sangkar, dan bahkan tidak mau makan. Dari gejala demikian kemungkinan besar burung ocehan telah terkena stress.

Burung ocehan merupakan burung alam sangat di harapkan sesekali dapat merasakan aroma lingkungannya ketika masih berada di hutan liar sehingga ini menjadi salah satu metode untuk menghilangkan stress tersebut ataupun dengan cara lain yang cukup efektif dalam memperhatikan burung ocehan agar lekas kembali dapat berkicau. Diantara perawatan tersebut akan dijelaskan dalam artikel ini dan tips-tips itu ialah:
Gambar;Burung Ocehan yang Tampak Stres
1. Secara umum
  • Meletakkan burung ocehan di tempat yang nyaman untuk sementara yang mana jauh dari tempat kebisinginan dari aktivitas kehidupan di masyarakat. Hal ini diperlukan untuk mengasingkan burung ocehan agar tidak stress.
  • Tetap menjaga suhu kandang dalam keadaan suhu normal agar mampu mengurangi stress yang dialami burung ocehan. Penting dilakukan untuk menangkis dari cuaca buruk yang tidak stabil yang berakibat memicu stress terhadap burung ocehan sehingga menjaga suhu kandangnya mampu membuatnya lebih nyaman.
  • Penjemuran yang baik serta teratur dan memberikannya makan yang teratur ditambahkan juga vitamin.
  • Bila stress yang dialami burung ocehan tanpa ada penyebab yang jelas dan penangannya ialah cukup burung ocehan tersebut dicelupkan ke dalam air selama satu detik untuk menyegarkan pikiran yang terkadang jenuh.
2. Secara khusus
Metode yang ini mungkin sedikit repot di lakukan pemilik burung ocehan namun tidak salah untuk mencobanya nanti untuk menghilangkan stressnya dan di antaranya:
  • Banyak burung ocehan yang mungkin dipelihara sekarang adalah burung yang didapatkan dari alam bukan dari anakan dipenangkaran. Jikalau seperti ini cobalah membawanya ke dalam suasana alam bebas kembali untuk sejenak dalam menyegarkan suasana stress yang dialami burung ocehan tersebut.
  • Alam bebas disini ialah alam bebas buatan untuk burung ocehan. Disini penting untuk menyiapkan peralatan seperti sangkar yang diperbesar dari ukuran normalnya, adanya wadah air sebagai kolam buatan, tanah sawah atau tanah hutan secukupnya, menyediakan ikan kecil dan beberapa cacing tanah.
  • Dari menyediakan peralatan tersebut dilakukan berikutnya dengan menjadikan kandang yang berukuran besar tersebut menjadi ibarat alam bebas dan selanjutnya tanah sawah atau tanah hutan dapat dipergunakan untuk dibentuk seperti mal dengan pencapuran cacing di dalamnya dan cacing tersebut dapat muncul di atas tanah.
  • Tanah yang sudah dibentuk tersebut dengan perpaduan cacing lalu dimasukkan di dalam kandang selanjutnya menyiapkan kolam buatan dari wadah air dengan juga meletakkan beberapa ekor ikan.
  • Setelah semuanya dirasakan cukup sempurna dengan keadaan suasana alam bebas  buatan maka siaplah burung ocehan tersebut dimasukkan ke dalam kandang raksasa tersebut. Biarkan dia bermain sepuasnya seperti di alam bebas, rutin perbuat hal seperti ini selama lebih kurang dua minggu dalam perawatan untuk menghilangkan stressnya.
  • Jika dirasakan cukup dari melihat kelakuannya yang sudah menunjukkan sembuh dari stressnya. Selanjutnya dapat memindahkannya dari tempat tersebut ke kandangnya dahulu dan sebelum itu perlu memandikan burung ocehan tersebut yang sudah bergumal dengan tanah agar kembali bersih dan tidak terserang penyakit.
Dari penjelasan kedua langkah dengan metode secara umum dan khusus di atas dapat dipraktekkan oleh para pemilik burung ocehan yang mengalami stress namun demikian kenali dahulu penyebab stressnya sehingga penangan baik dapat dilakukan.

Oleh : Satria Dwi Saputro
Sumber :
1. http://omkicau.com/2013/02/03/tips-menghilangkan-stres-pada-kacer-tledekan-dan-anis-merah-ala-om-istono-yr/
2. http://www.pesonakenari.com/2012/01/cara-merawat-kenari-yang-stres-dan.html

Gambar :
1. http://www.lintas.me/bisnis/inspirasi/nahjoy.com/mencegah-dan-mengatasi-stress-pada-burung-berkicau-nahjoycom

0 komentar:

Post a Comment