Friday, May 9, 2014

Danau-Danau Vulkanik Terbesar Dan Terindah

Istilah mendengar danau vulkanik tidak asing untuk kita mengartikannya. Bahwa danau vulkanik secara ringkasnya ialah kawah yang terbentuk dari letusan gunung merapi lalu diisi oleh air hujan selama ribuan tahun. Danau vulkanik ada dibanyak tempat di bumi termasuk di Indonesia sendiri. Danau yang tercipta akibat letusan gunung merapi itulah disebut dengan dengan danau vulkanik. Dalam artikel ini akan dituliskan beberapa dari danau vulkanik yang terbesar di dunia:

Pertama, Danau Toba
Akrab sekali dengan nama ini terutama orang-orang Indonesia, tidaklah mungkin tidak mengetahui mengenai danau toba. Danau toba terbentuk pada kisaran 73 ribu sampai dengan 75 ribu tahun yang lalu diakibatkan letusan  dari Gunung Toba yang melemparkan magma serta asap vulkanik menyebar sampai daratan afrika dan kutub utara. Danau toba merupakan danau vulkanik terbesar di dunia yang mempunyai luas sampai 100 km dan panjang 30 km disamping itu kedalaman yang ada pada danau toba mencapai 50 m. Danau Toba yang berada di Sumatera Utara merupakan tempat wisata yang terkenal sampai keluar negeri. Mengakui juga eksotisme yang di miliki danau toba ialah masih banyaknya adat istiadat setempat yang tidak terpengaruh arus globalisasi sehingga tidak dilupakan dan bahkan dilestarikan dengan seringnya melakukan pertunjukan budaya setempat bagi wisatawan yang berlibur. Dan juga makanan di danau toba juga tak kalah lezat karena menggunakan bumbu-bumbu alami dengan racikan khas adat setempat.

Kedua, Danau Crater
Adalah danau yang terbentuk dari letusan erupsi gunung merapi Mazama yang terjadi pada tahun 4680 SM. Danau Crater berada di atas pegunungan Cascade, Oregon, Amerika Serikat. Melihat danau Crater maka akan takjub pada keindahan alamnya dengan air yang ada di  cekungan danau Crater ialah air salju dan air hujan sehingga airnya selalu sejuk menyatu dengan udara alam danau crater yang juga dingin. Danau Crater mempunyai ke dalaman sekitar 600 meter dengan warna air yang biru safir serta jernih mengkilau. Alam yang menjaga danau Crater adalah merebaknya pertumbuhan pepohonan hijau yang mengitari areal danau Creater serta danau ini menjadi objek wisata terkenal di dunia disebabkan pemandangan alamnya yang begitu alami.

Ketiga, Danau Towada
Adalah danau yang terbentuk akibat erupsi gunung merapi sekitar 1300 tahun yang lalu. Danau Towada merupakan danau yang terletak di negara Jepang. Danau tersebut di tumbuhi bunga sakura sehingga pengunjung dapat melihat bunga tersebut gugur ke air danau. Danau Towada terletak di daerah Prefektur Akira dan Prefektur Aomori. Danau Towada menyuguhkan pemandangan yang mengagumkan bagi setiap pasang mata yang menyaksikannya karena ketika musim panas terjadi air danau Towada terasa sejuk bagi sesiapa yang menyentuh airnya saat udara sedang panas. Ketika musim gugur tiba maka banyak dedaunan akan berguguran sehingga membuat takjub semua wisatawan menyaksikan musim gugur di tepian danau towada.

Adalah beberapa dari paparan mengenai danau-danau terbesar yang tercipta dari erupsi gunung merapi yang terjadi pada ribuan tahun lalu silam. Terbentuknya danau-danau vulkanik tidak hanya sebagai tempat wisata tetapi juga banyak satwa dan tumbuhan hidup mengitari danau-danau tersebut. Begitu juga terbentuknya danau-danau vulkanik tersebut bukan main-main kerusakan yang terjadi ketika itu karena banyak korban yang berjatuhan dari manusia, binatang dan tumbuhan dan membutuhkan waktu lama untuk dapat ditinggali kembali. Dan semoga artikel ini dapat memberikan kita informasi yang bermanfaat. Terimakasih. 

Oleh : Satria Dwi Saputro
Sumber:  
1. http://sidomi.com/20804/10-danau-vulkanik-yang-mempesona/
2. http://id.wikipedia.org/wiki/Prefektur_Aomori

0 komentar:

Post a Comment