Saturday, May 3, 2014

Membincangkan Ragam Jenis Burung Anis

Burung anis umumnya adalah burung ocehan yang banyak diminati oleh pecinta burung. Selain suaranya yang merdu dan tidak kalah dari burung ocehan yang lain ada juga kekhasan dimilikinya dari warna bulu yang sangat menawan. Perbincangan disini akan mengulas jenis-jenis burung anis yang sudah tidak diragukan lagi kepopulerannya oleh pecinta burung ocehan.

Dan diantara ragam jenis burung Anis tersebut ialah:
Gambar Burung Anis
Burung Anis Merah
Burung anis merah adalah burung ocehan yang menjadi primadona dari burung ocehan jenis lainnya. Melekat kepandaian burung ini yang mempunyai suara merdu serta gaya yang ditawarkan ketika sedang berkicau sangat membuat menawan orang-orang. Disamping itu anis merah mempunyai warna bulu yang sangat cantik, badan cukup ramping, dan penyebarannya ada di Indonesia serta diluar negeri serta merupakan burung asli Indonesia. Bahwa burung anis merah bila melihat kemampuannya sejatinya dapat setara dengan burung murai batu.  

Burung Anis Kembang
Serupa dengan kerabatnya anis merah adalah burung anis kembang juga mempunyai suara yang merdu karena tergolong keluarga Turdidae, burung ini mempunyai nama lain ialah Punglor Kembang atau juga Anis Cacing. Burung anis kembang dapat dengan mudah ditemui di hutan-hutan asia tenggara termasuk Indonesia. Ukuran tubuhnya hanya 16 cm dan warna yang dimilikinya hitam, putih dan coklat berangam. Bagi jantan dapat ditandai dari matanya yang menonjol ketimbang anis kembang betina yang lebih datar. Disamping itu paduan suara bagi anis kembang jantan sangat jelas dan lantang ketimbang betinanya. Dan tak kala hebohnya ketika burung anis kembang merasa dalam ancaman jika berada di alam liar makan akan berkicau keras seperti “tirrr-tirrr” dalam menjaga kawanan lainnya.
Baca juga:
Anis Sisik
Nama Anis Sisik sendiri tidaklah hadir begitu saja tanpa sebab hal ini dapat dilihat dari bentuk warna bulunya yang menyelubungi badan seperti sisik ikan. Burung Anis Sisik sendiri masih lingkup penyebaran di Asia Tenggara, terutama di Indonesia untuk burung Anis Sisik tinggal di hutan dan pegunungan Sumatera Utara. Anis sisik sendiri sering mencari makanan di permukaan tanah baik itu biji-bijian ataupun hewan kecil seperti jangkrit atau cacing. Menariknya burung ini yang hidup dalam lingkup sausana dingin dan sejuk tidaklah mau dibawa ke suasana yang panas dan akan menyebabkan burung ini stress hingga malas untuk berkicau. Anis sisik juga mempunyai suara yang tak kala bagusnya dengan kerabat lainnya sepeti anis merah dan kembang dengan alunan suara lembut, mengalun dan variasi yang cukup baik.

Anis Kuning
Perbincangan terhadap burung ini sudah cukup lama dengan alunan suaranya yang cukup bagus namun belum ada rekaman suara dari Indonesia. Burung anis kuning sendiri mempunyai ukuran tubuh 23 cm dan warna coklat dengan alis putih mencolok, dada berwarna jingga, perutnya putih berbias merah karat disisi tubuhnya. Penyebaran burung ini selain di Indonesia juga ada di negara Siberia, Mongolia dan Amurland. Untuk di Indonesia sendiri dapat dijumpai pada hutan Kalimantan dan hutan Sulawesi. Cukup berisik juga suara burung ini jika menyaksikannya namun burung ini termasuk burung ocehan yang terancam punah sama dengan beberapa jenis kerabatnya yang juga burung anis.

Anis Macan
Begitu orang-orang menamainya dengan sebutan Anis Macan. Anis Macan adalah burung yang berukuran 28 cm dengan penyebarannya eropa, India, Cina, filipina, jawa, bali, lombok, papua nugini dan australia. Warna tubuh yang mendominasi adalah warna coklat yang bersisik serta tubuh bagian atas bewarna coklat dan tubuh bagian bawah bewarna putih dengan sisik kuning pada sisi bulunya. Burung anis macan sendiri jika berduet dengan burung anis kembang serta anis merah akan sangat mudah dalam prosesi pemasterannya karena sikap burung anis rata-rata adalah jinak menyebabkan pilihan untuk Anis Macan tidak salah dicoba. Namun sama dengan kerabat dari burung anis lainnya, anis macan juga berada diambang kepunahan mengingat eksploitasi liar tanpa ada penangkaran menyebabkan rusaknya keseimbangan alam di hutan sebagai habitat aslinya.

Nah, setelah dijelaskan jenis-jenis burung anis dan ciri-ciri serta kelebihannya masing-masing. Selanjutnya tergantung anda memilih burung anis yang disukai sehingga dapat melatih burung anis berkicau merdu dan bermental kuat.

Sumber:
1. http://www.dirosie.com/2011/07/ragam-jenis-burung-anis.html
2. http://id.wikipedia.org/wiki/Anis_kembang
3. http://kmbogor.blogspot.com/2013/03/perawatan-anis-macan.html

Gambar:
1. http://www.anismerah.com/content.php?147-Perawatan-Anis-Merah-Drop

0 komentar:

Post a Comment