Sunday, May 4, 2014

Mengenali Jenis-Jenis Kain Untuk Pembuatan Baju Kaos

Kaos adalah salah satu jenis baju yang paling laris dipakai oleh laki-laki dan perempuan. Ketenaran kaos dilihat pakaiannya yang terlihat sederhana tetapi berkelas, mudah untuk menyerap keringat, dan terlihat keren serta rapih. Namun asal muasal kaos tak dapat dilupakan dari bahan kain yang digunakan. Jenis-jenis kain yang digunakan untuk pembuatan baju kaos sangatlah banyak jenisnya.

Dan artikel ini coba menjelaskan jenis-jenis yang dipergunakan untuk pembuatan baju kaos, yakni:

Katun atau Combed
Kain katun atau combed paling sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan baju kaos. Kain katun atau combed mempunyai banyak kelebihan di antara jenis bahan kain yang lain. Hal ini dilihat bahwa kain katun atau combed terbuat dari serat kapas alami sehingga kain katun lebih halus, dingin, nyaman dan mudah menyerap keringat. Jenis kain katun untuk pembuatan baju kaos tepat dikenakan di daerah tropis yang cenderung bersuhu panas. Kain katun atau combed memiliki serat yang halus dan rata sehingga penampilannya jauh lebih rapi, bersih, dan lembut. Membicarakan harganya, kain katun atau combed tidak terlalu mahal sehingga kain jenis ini banyak digunakan sebagai dasar pembuatan baju kaos dengan harga yang terjangkau.

Cardet
Jenis kain cardet memiliki serat yang kurang halus ketimbang jenis kain katun. Ini disebabkan karena kain cardet merupakan KW1 nya kain katun sehingga hasil rajutannya kurang halus dan kurang rata. Untuk kain cardet sering digunakan sebagai bahan pembuatan kaos untuk masyarakat kelas menengah seperti kaos olah raga oblong, dan seragam buruh sehingga harganya cenderung lebih murah dari kain katun.

Polyester
Polyester terbuat dari bahan ester dan merupakan bahan serat sintetis. Jenis kain Polyester adalah jenis kain yang termasuk sebagai bahan pembuatan baju kaos. Dicermati juga dari kain polyester merupakan kain yang tipis dan tidak begitu rata sehingga bila dipakai tidak dapat untuk menyerap keringat dan terasa panas bila dipakai. Sehingga jenis kain polyester digunakan sebagai bahan pembuatan baju kaos sangat tepat dipakai di daerah pegunungan ataupun di daerah yang bersuhu dingin. 

TC atau Teteron Cotton
Jenis kain TC merupakan pencampuran dari kain katun dan polyester karena pembuatannya didorong oleh perkembangan teknologi yang semakin maju sekarang ini. Kekurangan dari kain TC ialah sama dengan kain Polyester yakni cepat panas dan tidak bisa menyerap keringat namun kelebihannya tidak mudah kusut dan longgar ketika sudah lama dipakai.

Viscose
Jenis kain viscose disebut juga kain Rayon. Kain ini termasuk barang mewah dan mempunyai harga yang mahal karena kain Viscose dipintal langsung oleh tangan manusia dan tidak dibuat menggunakan mesin. Tekstur kain Viscose memiliki kesamaan dengan tekstur kapas. Viscose sering digunakan untuk menambah kenyamanan pada serat sintetis baju kaos dan menambahkan kecerahan warna pada kaos sehingga ini tergolong kelebihan dari kain viscose. Kelebihan lain dimiliki oleh kain Viscose ialah kecerahan warna yang lebih baik, jauh lebih lembut dibanding dengan kapas, dan kelembaban yang jauh lebih tinggi. Dengan harganya yang termasuk mahal membuat kain Viscose sulit ditemukan dipasaran tradisional. 

Hyget
Hyget termasuk jenis bahan kain yang digunakan untuk pembuatan baju kaos. Bahan kain Hyget dibuat dari bahan plastik dan sangat tipis sehingga kurang layak sebenarnya dipakai untuk pembuatan baju kaos. Harga kain hyget cenderung jauh lebih murah dibandingkan jenis-jenis kain lainny. Kain Hyget sering digunakan untuk pembuatan kaos dalam jumlah besar tetapi dengan dana yang sedikit. Biasanya kaos yang dibuat dari bahan hyget sering dikenakan orang-orang lagi kampanye.

Dari banyak jenis-jenis kain untuk pembuatan baju kaos dapat dipilih jenis kain yang tepat sebagai usaha konveksi Anda dalam memproduksi baju kaos yang digemari oleh masyarakat dan terjangkau harganya. Dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Terimakasih.

Oleh : Satria Dwi Saputro
Sumber :
1. http://www.konveksian.com/jenis-jenis-bahan-kain-kaos/

1 comment