Tuesday, May 27, 2014

Pesona Alam Danau Victoria

Benua Afrika menyimpan sejuta pesona yang belum terungkap. Pesona yang belum terungkap tersebut ialah kehadiran Danau Victoria. Pesona alam yang ada di danau Victoria sangatlah menawan sekali karena yang terdapat di danau tersebut berbeda dengan danau pada umumnya terutama airnya yang tawar namun warnanya seperti air laut lepas.

Betapa tidak melirik luasnya danau tersebut yang mencapai 68.870 km persegi, dan mempunyai 3000 lebih pulau yang berada di sekitar danau tersebut. Selanjutnya diwartakan bahwa Danau Victoria adalah danau terbesar di benua Afrika sehingga menyimpan keeksotisan menjadi padanan pesona tersendiri pada danau Victoria. Untuk nama danau tersebut juga banyak namanya, bagi masyarakat setempat danau menamainya dengan sebutan Victoria Nyanza ataupun Ukerewe dan bagi wisatawan dunia manamai danau tersebut dengan nama Danau Victoria.
Gambar: Danau Victoria di Afrika
Daratan di sekitar Danau Victoria bertaburan juga hotel dan penginapan serta layanan berlibur bagi pelancong baik dari afrika maupun luar afrika sehingga membantu perekonomian bagi masyarakat yang mencari nafkah di areal danau Victoria. Disamping itu dikatakan bahwa danau tersebut yang berair tawar membawa pengaruh besar bagi danau tersebut yang mengairi sungai Nil dalam cabang sungai Nill yang begitu panjang sehingga dari itu pesona alam menghayati danau Victoria mempunyai ketakjuban untuk saling menghidupkan iklim bagi pertumbuhan kehidupan di tanah afrika. 

Melirik telaknya yang cukup strategis bahwa danau Victoria mencakup tiga negara yang merasa memilikinya ialah Kenya, Uganda, dan Tanzania yang mempunyai otoritas terhadap danau tersebut dalam pembagian wilayah menurut negara masing-masing sehingga pesona alam yang dipunya danau Victoria mampu diberdayakan sedemikian mungkin untuk meningkatkan pendapatan masyarakat yang bermukim di sekitar danau Victoria tersebut. Apiknya danau tersebut yang mungkin jarang dipunyai oleh danau-danau lainnya membubuhkan penjelasan bahwa penting mengetahui keekositan tersebut dengan mengunjunginya untuk melepas lelah ataupun sekedar berlibur menghirup udara sejuk yang dipunya oleh danau Victoria. 

Disamping itu juga perlu dipaparkan menganai danau Victoria dari letaknya di tempat yang tinggi dari permukaan laut dengan pulau yang tadi dituliskan mencapai 3000 lebih tapi tidak semuanya didaya fungsikan oleh pemerintah dan masyarakat sekitar. Dan hanya sedikit pulau yang dimanfaatkan oleh pemerintah dan juga masyarakat untuk dijadikan objek wisata bagi danau Victoria. Jadi tak salah untuk berkunjung ke danau Victoria yang dijelaskan mempunyai pesona alam yang sangat indah tak kala dari danau-danau terindah lainnya.

Oleh : Satria Dwi Saputro
Sumber:
1. http://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Victoria

Gambar:
1. http://anekainfounik.net/2014/01/21/10-danau-terbesar-dan-terluas-di-dunia/foto-pemandangan-di-danau-victoria-afrika/

0 komentar:

Post a Comment