Wednesday, January 28, 2015

Mencermati Manfaat Gula untuk Burung Ocehan

Nutrisi yang dibutuhkan oleh burung ocehan jenisnya cukup banyak sekali diantaranya ialah protein, karbohidrat, vitamin, kalsium, kalium, dan zat gula. Nutrisi yang dibutuhkan oleh burung ocehan tersebut gunanya sangat banyak sekali yang salah satunya ialah dapat untuk menambah tenaga serta yang tak kalah penting adalah bisa untuk memperjernih kicauan burung ocehan tersebut. Dalam artikel ini tidak menjelaskan mengenai manfaat dari kesemua nutrisi yang disebutkan tadi melainkan hanya menjelaskan mengenai zat gula yang mempunyai segudang manfaat untuk burung ocehan.

Gula dalam kehidupan manusia umumnya dikenal sebagai zat yang mengandung rasa manis ketika dirasa yang bisa bersumber dari buah tebu, air nira, dan buah-buahan lainnya. Manfaat dari mengkonsumsi gula dengan kadar yang tepat bagi manusia sangat banyak sekali yakni bisa menambah stamina agar tidak mudah lelah, dapat mengoptimalkan fungsi otak, meredakan depresi, dan masih banyak lagi. Di samping itu gula tidak hanya dikonsumsi oleh manusia saja melainkan burung ocehan pun ada yang mengkonsumsi gula atau glukosa sebagai makanan rutin hariannya.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam gula ialah kandungan energi, kalori, protein, karbohidrat, kalsium, dan berbagai jenis vitamin. Dan umumnya makanan yang mempunyai kandungan gula ialah roti tawar, nasi, buah tebu, buah-buahan, atau bahan makanan yang mempunyai zat karbohidrat di dalamnya. Sehingga dengan banyaknya makanan yang mengandung zat gula maka berbagai jenis burung ocehan pun dapat diberikan zat gula karena akan sangat membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya.

Dan di bawah ini akan diuraikan penjelasan mengenai manfaat dari gula yang di antaranya ialah: 

Menambah stamina
Bagi burung ocehan yang aktif dalam mengikuti kontes perlombaan atau sering dilatih untuk mengindahkan kicauannya maka perlu diberikan asupan makanan bergizi. Tujuannya adalah agar burung ocehan tersebut tidak cepat lelah dan staminanya dapat bertahan. Dan makanan bergizi yang dianjurkan untuk diberikan pada burung ocehan ialah makanan yang mengandung banyak zat gula seperti roti, buah-buahan, nektar bunga, dan madu. Karena dalam kandungan zat gula terdapat lebih kurang 364 kalori yang manfaatnya dapat menjadi cadangan energi bagi burung ocehan dan tidak membuatnya cepat lelah. 

Memperindah kicauannya
Burung ocehan yang mengkonsumsi makanan yang mengandung zat gula/glukosa maka manfaatnya ialah bisa untuk memperindah suara kicauannya. Di samping memperindah kicauan suaranya, zat gula juga bermanfaat untuk membuat burung ocehan menjadi lebih aktif berkicau dibanding dengan burung ocehan yang tidak mengkonsumsi zat gula. 

Meredakan depresi
Burung ocehan adalah salah satu jenis makhluk hidup yang rentan mengalami stres akibat dari salahnya perawatan yang diberikan untuk burung ocehan. Stres yang berlangsung lama dapat menyebabkan burung ocehan menjadi malas berkicau dan makan yang akibatnya dapat membuatnya menjadi lemas serta tidak bertenaga. Sedari itu untuk menerapi burung ocehan atau menjaga kestabilan mental burung tersebut agar tidak mudah stres ialah dengan memberikannya makanan yang mengandung zat gula disamping memperhatikan cara perawatan yang benar.

Dan juga pemberian zat gula untuk burung ocehan dapat diberikan setiap hari bila burung ocehan tersebut pemakan buah-buahan. Sedangkan bagi burung ocehan yang tidak suka memakan buah-buahan dapat mensiasatinya dengan mengoleskan cairan gula, nektar, dan madu pada makanannya agar disantap oleh burung ocehan pemakan daging.

Sekianlah yang penjelasan mengenai manfaat atau khasiat dri zat gula yang mempunyai sejuta manfaat bagi manusia dan makhluk hidup yang lain seperti burung ocehan. Dan semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih

Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
http://omkicau.com/2014/03/21/memilih-buah-buahan-manis-untuk-burung-pleci/
http://www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-gula-pasir-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html
http://www.tipscaraalami.com/2014/04/5-manfaat-gula-bagi-kesehatan-tubuh.html

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment