Wednesday, January 28, 2015

Pengaruh Mendengarkan Musik Bagi Pikiran Manusia

Secara umum seluruh manusia di seluruh penjuru bumi pasti sudah pernah mendengar apa yang disebut dengan musik. Sarana atau media mendengarkan musik bisa berasal dari handpone, komputer, ipot, radio, ataupun orang yang bernyanyi. Dan tujuan dalam mendengarkan musikpun cukup beragam, ada yang bermaksud untuk menenangkan pikiran, ada yang hanya ingin mengetahui lirik lagu atau genre musiknya, dan bermacam-macam tujuan lainnya. Tapi yang menjadi poinnya ialah diketahui bahwa musik mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam mempengaruhi pikiran manusia dalam bertindak dan mengatur prilakunya di kehidupan.

Adapun dalam artikel ini akan diulas mengenai pengaruh pikiran manusia yang mendengarkan musik. Sehingga dengan membaca artikel ini sampai tuntas maka kita semua mengetahui berbagai dampak/pengaruh yang dihasilkan oleh musik bagi pikiran manusia.  

Meningkatkan kemampuan memori dan kreativitas
Mendengar musik pengaruhnya bagi pikiran manusia ialah untuk meningkatkan kemampuan memori dan kreativitas pada manusia itu sendiri. Manusia yang mendengarkan musik maka daya ingatnya akan meningkat karena lirik-lirik lagu dari musik yang didengarkan dapat terekam oleh otak dan selanjutnya akan mampu diucapkan kembali tanpa mendengarkan lagu. Hal ini paling sering untuk metode belajar bahasa asing seperti bahasa inggris, mandarin, jerman, dan lain-lain. Yang tujuannya agar kosa kata yang terdapat lagu dapat terekam oleh otak dengan mudah sehingga dapat dilafalkan kembali tanpa mendengarkan lagu. Dan bagi kreativitas manusia juga ikut terlatih untuk mampu menimbulkan ide-ide yang terinspirasi dari lagu/musik yang didengarkan. 

Mengurangi stres
Manusia yang dipenuhi dengan sejuta aktivitas yang membebani pikirannya maka bisa menimbulkan stres sehingga mengganggu kesehatan dan pekerjaannya. Sedari itu untuk menterapi hal tersebut tak salah dengan mendengarkan musik-musik yang berlirik motivasi atau yang mempunyai filosofi untuk bisa berubah dan bangkit kearah yang lebih baik. Dan juga dalam dunia kesehatan telah dikembangkan mengenai musik yang digunakan sebagai terapi untuk menenangkan orang-orang yang dilanda stres dan kecemasan sehingga dengan mendengarkan musik yang disukainya maka tingkat stres dapat berkurang.

Mampu mensinergikan pikiran dengan tindakan
Manusia yang suka mendengarkan musik maka pikirannya dapat disinergikan dengan tindakan manusia tersebut. Contohnya ialah sewaktu berolahraga atau melakukan senam. Orang yang melakukan senam pagi baik secara berkelompok atau seorang diri seringkali sewaktu senam akan dimulai maka akan diputarkan musik. Musik yang diputar tersebut untuk menselaraskan antara gerakan senam dengan nada dari musik tersebut. Sehingga timbul rasa senang dan tidak membosankan oleh orang-orang yang senam dengan musik. Dan begitu juga dengan orang yang berolahraga seperti lari pagi atu sore juga memutar musik yang saat berolahraga. Tujuannya ialah untuk mensinergikan gerakan olahraga dengan musik yang didengarkan sehingga rasa jenuh dan lelah bisa hilang serta waktu berolahraga akan jauh lebih lama. 

Merileksasikan pikiran manusia
Manusia yang mendengarkan musik biasanya untuk tujuan tertentu dan salah satunya ialah untuk merileksasikan pikiran yang terlalu tegang. Manusia yang susah tidur atau sulit beristirahat biasanya akan memutar musik yang bernada lembut dan lirik yang mendayu-dayu untuk diperdengarkan hingga sampai tidur atau pun lebih nyaman untuk beristirahat. Sehingga metode ini cukup sering dilakukan untuk merileksasikan pikiran agar lebih mudah beristirahat dibandingkan dengan metode membaca buku yang tebal sampai mata lelah sendiri dan mengantuk.

Yups, inilah penjelasan mengenai pengaruh yang diterima oleh pikiran manusia yang mendengarkan musik. Tapi walaupun demikian sebaiknya dalam mendengarkan musik diharapkan tidak memutarnya dengan volume yang terlalu keras karena bisa berkontraksi terhadap telinga sehingga bisa menimbulkan efek buruk bagi pendengaran. Dan semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi yang membacanya. Terimakasih.

Oleh: Satria Dwi Saputro

Sumber:
Berbagai Sumber

0 komentar:

Post a Comment