Wednesday, January 28, 2015

Pentingkah Inspirasi dalam Menulis?

Inspirasi bila dicari artinya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ialah sebagai ilham. Sehingga jika seseorang mendapatkan inspirasi akan mudah untuk mengembangkannya karena percikan ide terus mengalir ke dalam pikirannya. Hal inilah yang diperlukan bagi kita yang ingin menulis. Yaitu membutuhkan inspirasi agar tulisan tidak berhenti di tengah jalan dan kita bisa terus menulis karena tidak akan kehabisan ide.

Ada berbagai nama penulis terkenal baik dibidang fiksi dan non fiksi yang karya tulisannya telah banyak di baca oleh jutaan manusia di seluruh dunia. Dan beberapa nama penulis yang terus menulis sampai sekarang ialah Asma Nadia, Raditya Dika, Andrea Hirata, Quraish Shihab, Habiburrahman El Shirazy, dan masih banyak lagi. Kesemua tokoh penulis tersebut dapat terus menulis sampai saat ini karena mereka terus mendapatkan inspirasi (ide) untuk dituangkan dalam bentuk tulisan seperti buku, novel, cerpen, dan artikel. Sehingga rasanya sudah bisa menjawab pertanyaan dalam hati kita bahwa Insipirasi itu memang ditubuhkan untuk berkarya seperti menulis.

Jika anda rajin membaca berbagai jenis tulis seperti di buku, artikel koran, dan artikel di dunia maya yang jumlahnya sudah tidak terhitung dan setiap hari tulisan-tulisan tersebut dapat terus bertambah dan berganti. Dan pertanyaannya ialah bagaimana caranya tulisan tersebut terus bertambah setiap harinya? Jawabannya ialah karena inspirasi terus mengalir kepada para menulis sehingga memudahkannya untuk menulis berbagai jenis tulisan setiap harinya.

Sedangkan untuk mendapatkan inspirasi dalam menulis dapat dilakukan dengan banyak cara dan salah satunya ialah dengan rutin membaca. Membaca berbagai jenis buku, artikel, cerpen, puisi dan lain-lain bisa menambah pengetahuan yang belum pernah diketahui atau dibaca sehingga memperkaya pengalaman kita untuk memadatkan isi tulisan. Sedangkan manfaat lainnya dari rutin membaca ialah mengetahui gaya bahasa dan kosa kata baru dari tulisa yang dibaca. Setiap penulis yang menuliskan ide dalam bentuk buku atau artikel pasti mempunyai gaya penulisan yang berbeda-beda sehingga bagi pembaca hal ini sangat perlu diketahui untuk memperbaiki gaya tulisan kita semakin menjadi lebih baik.

Nah, untuk mencari inspirasi lainnya selain membaca buku atau artikel dapat dilakukan dengan berbaur ke lingkungan dan peka memandang dari setiap kejadian yang dilihat dan didengar. Menemukan inspirasi dengan berbaur ke lingkungan ialah dengan melihat semua kejadian yang ada di lingkungan seperti kerusakan alam, orang gemar membuang sampah sembarangan, pahlawan lingkungan yang menginspirasi, dan lain sebagainya. Sehingga dengan aktifnya kita berbaur ke lingkungan maka inspirasi akan terus mengalir dipikiran untuk dituliskan dalam bentuk buku, artikel, cerpen, dan puisi. Sedangkan peka terhadap setiap kejadian yang ada di sekitar kita akan menjadikan kita kritis dan mau berpartisipasi untuk mengangkatnya ke dalam bentuk tulisan. Contohnya bisa terkait dengan politik, budaya, agama, sosial, ekonomi, dan banyak lagi.

Dan itulah kiat-kiat atau cara yang bisa diterapkan bagi kita yang ingin menemukan inspirasi  untuk dituangkan dalam bentuk tulisan yakni membaca buku, berbaur ke lingkungan, dan peka terhadap apa-apa yang kita lihat dan dengar. Sehingga setiap hari kita bisa dapat terus menulis dengan berbagai jenis tema karena inspirasi yang terus mengalir yang tidak ada habisnya disebabkan kita yang rajin membaca dan mau berbaur ke lingkungan kita.

Sehingga inilah alasan pokok mengapa inspirasi begitu penting bagi siapapun untuk mengaktualisasikannya dalam bentuk karya yang tidak hanya untuk tulisan saja tapi berlaku juga untuk karya-karya yang lain. Dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semuanya untuk bisa terus menulis sampai kapanpun. Oke.

Oleh: Satria Dwi Saputro

0 komentar:

Post a Comment