Saturday, February 14, 2015

Cara Menangkal dan Mengatasi Masuk Angin pada Burung Ocehan

Masuk angin merupakan penyakit yang menyerang bagian perut makhluk hidup dengan memberikan efek perut kembung, badan lemas, dan sakit perut. Penyakit ini tidak hanya menyerang manusia melainkan burung ocehan pun bisa terkena masuk angin. Dan biasanya burung yang terlanjur masuk angin akan menunjukkan tanda-tanda badan lemas atau lesu, tidak nafsu makan, dan sering berdiam diri (malas berkicau). Sehingga sangat perlu bagi para pemilik burung ocehan agar benar-benar memahami tentang penyakit ini dan mampu untuk menangkal burung ocehannya terkena masuk angin dan bisa pula mengatasi/mengobatinya.

Nah, dalam artikel ini akan diulas mengenai cara untuk menangkal dan mengatasi masuk angin yang menjangkit burung ocehan kesayangan kita. Sedari itu sangat perlu membaca artikel ini hingga tuntas. Penjelasan pertama terlebih dahulu membahas mengenai cara untuk menangkal masuk angin agar tidak menjangkit burung ocehan ialah:

- Melakukan kerodong ketika ingin tidur saat musim hujan tiba
Penting sekali untuk memperhatikan kondisi burung ocehan saat musim hujan tiba agar sangkarnya ditutupi kerodong. Tujuannya agar tubuh burung tidak terkena hawa dingin dari hujan yang turun dan menjadikan tubuhnya tetap hangat saat berada di sangkarnya. Dan juga hawa dingin yang menerpa dapat membuat pori-pori burung ocehan terbuka sehingga angin dapat masuk dan menyebabkan masuk angin. Sedari itu fungsi kerodong sangat diperlukan untuk melindungi burung ocehan dari hawa dingin.

- Berikan ekstra fooding tambahan
Ada banyak sekali jenis ekstra fooding yang sangat bermanfaat bagi burung ocehan seperti jangkrik, ulat, ikan gupy, dan masih banyak lagi. Tujuan pemberian ekstra fooding bagi burung ocehan tak lain agar imunitasnya bertambah kebal dan dapat menghangatkan badannya bila musim hujan tiba. Sehingga burung ocehan akan terhindar dari masuk angin yang bisa disebabkan oleh cuaca dingin atau ketidak teraturan makan burung ocehan.

- Jangan terlalu banyak diberi minum dan jangan dijemur pada tempat terbuka
Hal yang penting untuk diketahui bahwa bila burung ocehan terlalu banyak minum dan makannya tidak teratur maka bisa menyebabkan perutnya kembung dan hal bisa membuat perut burung menjadi masuk angin. Sedari batasi atau seimbangkan pemberian minum pada burung ocehan dengan asupan makanannya. Dan juga jangan sampai menjemur burung ocehan di pagi hari pada tempat terbuka atau angin yang berhembus cukup kencang. Tujuannya agar cuaca dingin dipagi hari tidak sampai memasuki pori-pori kulit burung ocehan sehingga tisak sampai terkena masuk angin.

Setelah penjelasan mengenai cara menangkal masuk angin pada burung ocehan selanjutnya dijelaskan cara untuk mengobati atau mengatasi burung ocehan yang terkena masuk angin. Penjelasannya ialah sebagai berikut:
  1. Lakukan karantina terhadap burung ocehan yang terlanjur masuk angin dengan mengasingkannya dari kelompok burung ocehan lainnya agar tidak menular. Dan hentikan sementara memandikan burung ocehan agar tubuhnya tidak semakin dingin.
  2. Burung yang dikarantina tersebut selanjutnya tekan secara perlahan dan hati-hati pada bagian temboloknya agar burung mau sendawa atau muntah. Hal ini juga perlu dibarengi dengan mengoleskan minyak angin dibagian kakinya agar tubuhnya tidak semakin dingin.
  3. Berikan obat yang umumnya dijual di pasar burung dengan mengkonsultasikan tingkat keparahan sakit burung ocehan agar diketahui dosis yang tepat untuk menghilangkan masuk angin pada burung ocehan.
  4. Lengkapi sangkar burung ocehan dengan lampu agar burung tetap dalam keadaan hangat dan secara perlahan-lahan angin diperutnya dapat keluar.
  5. Saat keadaan burung sudah mulai membaik maka dapat dilakukan penjemuran pada pagi dengan jangka waktu hanya sekitar 15 menit saja. Dan tetap saat penjemuran tersebut dilangsungkan jangan sampai pada saat angin berhembus kencang.
Demikianlah ulasan mengenai cara menangkal dan mengatasi masuk angin pada burung ocehan. Sehingga dengan membaca artikel ini dapat membuat kita bijak dalam merawat burung ocehan agar jangan sampai masuk angin. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro

Sumber:
http://omkicau.com/2014/11/28/perawatan-merpati-selama-musim-hujan-cegah-masuk-angin-kembung/
http://www.burungnusantara.com/2014/06/penyebab-burung-masuk-angin-dan.html
http://www.agrobur.com/2013/04/burungpun-bisa-masuk-angin.html

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment