Monday, February 16, 2015

Ekonomi Islam dalam Kajian Pengantar Mikro dan Makro

Judul               : Ekonomi Pengantar Mikro dan Makro Islam
Penulis            : Dr. M. Ridwan, MA, Isnaini Harahap, MA, dan Yusrizal, M.SI
Tahun Terbit   : Desember, 2013.
Penerbit           : Citapustaka Media.
Tebal buku      : 218 halaman.
Total Bab        : XIV Bab.

Ilmu ekonomi dalam sudut pandang konvensional diartikan sebagai suatu ilmu yang mengkaji tentang prilaku manusia dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari yang yang terkait dengan pemanfaatan berbagai sumber daya dan mengandung pilihan dalam penggunaannya. Sedangkan dalam kaca mata Islam, ilmu ekonomi Islam berpengertian sebagai suatu ilmu yang mengkaji tentang hidup manusia dan masalah-masalah ekonomi yang dihadapi yang disandarkan pada prinsip-prinsip syariat Islam. Ilmu ekonomi konvensional dan Islam mempunyai perbedaan yang cukup besar dimana untuk ekonomi konvensional cakupannya hanya sebatas pemenuhan kepuasan manusia tanpa melibatkan moral dan etika di dalamnya serta konteksnya hanya terbatas pada kegiatan yang terjadi di dunia saja. Sedangkan dalam ekonomi Islam peran akhlak sangat mempengaruhi bagaimana manusia dalam memenuhi kebutuhannya sehingga orientasinya tidak hanya terpaku pada dunia semata melainkan dampaknya akan terbawa sampai ke akhirat.
Sampul Buku Ekonomi Pengantar Mikro & Makro Islam
Paragraf pertama di atas adalah cuplikan dari buku Ekonomi Pengantar Mikro dan Makro Islam yang ditulis oleh M. Ridwan, Isnaini Harahap, dan Yusrizal. Buku yang diterbitkan oleh Citapustaka Media ini menghadirkan kajian mengenai ekonomi Islam yang dibahas dari sudut pandang mikro dan makronya disertai perbandingan dengan ekonomi konvensional. Sendi-sendi nilai ke Islaman yang terkandung dalam buku ini sangat kental sekali dimana ekonomi yang dipaparkan dengan kajian tematik juga disandarkan pada dalil-dalil Al-qur’an dan Al-Sunah yang bisa dijumpai pada setiap babnya. Dan para penulis juga mencantumkan berbagai pendapat dari tokoh-tokoh ekonomi Islam yang berasal dari zaman klasik sampai kontemporer untuk menguatkan kajian ekonomi Islam yang tertulis di buku ini.

Disamping itu para penulis dalam buku ini memaparkan konteksti dari ekonomi Islam yang melibatkan berbagai instrumen seperti zakat, sedekah, dan infak sebagai cara untuk mempengaruhi tingkat pendapatan dan pengeluaran baik secara perkapita dan agregat. Buku Ekonomi Pengantar Mikro dan Makro Islam ini menuliskan pembahasan mengenai ekonomi Islam secara mikro dan makro dibagi atas dua pembahasan. Yang mana pada bagian pertama kajian ekonomi mikro Islam yang dikaji dengan menghantarkan enam bab yang mencakup dengan pembahasan dari sudut pandang Islam dan konvensional. Selanjutnya pada bab tujuh sampai dengan bab empat belas menyentuh pembahasan ekonomi makro Islam yang mengkaji secara komprehensif dan mendalam.

Hal yang menjadi kelebihan yang ditawarkan oleh para penulis dalam buku ini adalah kepadatan isi dari pembahasan di setiap babnya yang mana menuliskan kajian secara Islami dengan landasan dalil, ulasan dengan perhitungan matematik, menyajikan kurva dan grafik, dan disandarkan pada sumber-sumber dari berbagai buku yang akurat kebenarannya. Sehingga kehadiran buku ini sangat membantu bagi para mahasiswa terutama untuk mendalami kajian ekonomi Islam secara mikro dan makro.

Dan juga keberadaan dari buku Ekonomi Pengantar Mikro dan Makro Islam telah menjadi penunjang untuk kemajuan ekonomi Islam bagi perguran tinggi Islam di Indonesia. Dari itu, harapannya buku ini tidak hanya disentuh oleh para mahasiswa yang menimba ilmu ekonomi Islam tetapi juga bagi para praktisi, pengajar, dan tokoh ekonomi Islam juga harus membaca buku ini. Karena disamping untuk menambah pengetahuan ekonomi Islam dari sisi mikro dan makro juga dapat memberikan masukan yang membangun dalam perbaikan isi buku jikalau terdapat kekurangan. Sedari itu ditandaskan kembali bahwa buku Ekonomi Pengantar Mikro dan Makro Islam layak untuk dibaca oleh siapapun yang ingin mempelajari ekonomi Islam secara lebih mendalam.

(Peresensi adalah Satria Dwi Saputro, Mahasiswa Jurusan Ekonomi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN-SU, dan Anggota Universal Islamic Economic (UIE) IAIN-SU).

0 komentar:

Post a Comment