Saturday, December 31, 2016

Mengulas Penyebab Rontoknya Bulu pada Burung Robin

Kerontokan bulu yang menyerang burung Robin merupakan kelaziman yang biasa terjadi pada semua jenis burung ocehan manapun. Burung Robin yang mengalami kerontokan bulu biasanya karena musim mabung telah datang yang menyebabkan bulunya rontok secara alami dan berganti dengan bulu yang baru. Akan tetapi seringkali rontoknya bulu pada burung Robin tidak hanya disebabkan oleh masa mabung melainkan juga dikarenakan sebab-sebab lain. Untuk itu pada artikel ini diulas mengenai penyebab rontoknya bulu pada burung Robin yang ada baiknya bisa dibaca hingga tuntas.
Gambar: Burung Robin
Adapun penjelasannya bisa disimak pada kalimat di bawah ini:

1. Rusak karena minimnya asupan nutrisi
Nutrisi merupakan sesuatu yang tidak boleh terlupakan untuk terus dikonsumsi oleh semua jenis burung ocehan termasuk burung Robin. Nutrisi yang dibutuhkan oleh masing-masing burung berbeda-beda yang disesuaikan dengan jenis makanan apa yang santapnya setiap hari. Pada burung Robin yang merupakan burung pemakan buah-buahan maka nutrisi yang baik untuk dimakannya tentu dengan memberikan buah-buahan yang berkualitas baik dan mudah dicernanya. Nutrisi yang begitu penting bagi burung Robin sangat bermanfaat menjaga bulu-bulunya agar tidak rusak dan rontok. Hal ini disebabkan pada nutrisi yang dikonsumsi oleh burung Robin terkandung banyak vitamin, protein, kalsium, dan lain sebagainya yang kesemuanya itu tentu mampu mempertahankan kesehatannya termasuk bulu-bulunya. Sedari itu walaupun burung Robin mengalami rontok bulu yang dikarenakan mabung maka bisa mempercepat masa tumbuhnya kembali dengan diberikan asupan nutrisi yang tepat melalui pakan wajib dan ekstra foodingnya. 

2. Disebabkan serangan kutu ata tungau
Penyebab lainnya yang menjadikan bulu burung Robin bisa rontok dan rusak adalah serangan kutu atau tungau yang bersarang di balik sela bulunya. Rontok atau rusaknya bulu burung Robin akibat serangan kutu atau tungau sangatlah lazim terjadi pada burung ocehan manapun. Hal ini dikarenakan oleh beragam faktor yang salah satunya adalah kondisi kandang yang jarang dibersihkan dan jarangnya memandikan serta menjemur burung Robin secara tertatur. Adapun tanda-tanda kerusakan bulu yang disebabkan oleh banyaknya kutu atau tungau yang bersarang dibulu burung Robin terlihat ketidakrapiannya bentuk dari bulunya. Disamping itu bulu yang terserang kutu atau tungau juga terdapatnya sobekan yang ada dibanyak tempat dan akibat terburuknya bulu akan rontok semua yang meninggalkan batangnya saja.

3. Buruknya perawatan harian pada burung Robin
Salah satu penyebab yang bisa menjadikn burung Robin mengalami kerusakan pada bulunya dikarenan buruknya perawatan dari si pemiliknya. Buruknya perawatan ini bisa tampak dari ketidaktahuan pemiliknya tentang cara yang benar mengenai tindakan selanjutnya dari memandikan burung ke proses penjemurannya. Normalnya burung Robin yang habis dimandikan ada baiknya bulunya dikeringkan dahulu dengan cara mengipasi atau menggunakan handuk kecil. Setelah mengering atau hampir kering seutuhnya baru selanjutnya burung tersebut dijemur di bawah sinar matahari. Akan tetapi terkadang burung Robin yang baru saja selesai dimandikan dengan kondisi bulu masih basah lansung saja oleh pemiliknya dijemur pada sinar matahari yang hal tersebut bisa merusak bulunya untuk cepat rontok.

Demikianlah ulasan tentang rontoknya bulu pada burung Robin yang bisa menjadikan bulu-bulunya sulit untuk tumbuh kembali. Dengan membaca artikel ini semoga saja kita bisa lebih hati-hati kembali dalam melakukan perawatan kepada burung agar rontoknya bulu pada burung Robin yang bisa menjadikan bulunya rusak dapat dihindarkan. Okey.

Sumber Gambar:
1. http://2.bp.blogspot.com/-3y0EcmGmWk4/UB1F_yVbG5I/AAAAAAAABBM/KDpAbm5DXxI/s400/robin_1.jpg

Lokasi: Medan, Medan City, North Sumatra, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment