Sunday, January 29, 2017

Mengupas Tentang Kucing Maine Coon

Berbicara tentang kucing ras asal eropa dan amerika yang berbadan tegap dan ukuruan tubuh yang lebih panjang dari kucing biasanya tergolong agak jarang jenisnya. Dari sekian banyak jenis kucing ras yang ada saat ini tercatat hanya sekitar dua atau tiga kucing saja yang postur tubuhnya cukup besar dengan badan yang tegap. Salah satunya terdapat di Amerika tepatnya berasal dari Maine yang merupakan negara bagian di Amerika Serikat. Pada tulisan ini diulas lebih dalam mengenai kucing ras asal Amerika Serikat yang berbadan tegap dan banyak dipelihara orang-orang diseluruh negara. Adapun nama kucing tersebut adalah kucing Maine Coon.
Gambar I: Kucing Maine Coon Anakan
Kucing Maine Coon merupakan kucing ras dari Amerika yang postur tubuhnya tergolong besar dengan panjng dapat mencapai 100 cm. Selain tubuhnya yang berukuran panjang juga diikuti dengan bulu-bulunya yang mirip kucing anggora lebatnya. Hanya saja kucing Maine Coon bulunya tampak lebat pada bagian selain wajah dan keempat kakinya. Pada bagian leher dan dadanya terlihat bulu lebat yang berukuran lebih panjang dari sisi lain tubuhnya. Dengan adanya tampilan bulu yang lebat dibagian dadanya tersebut membuat kucing Maine Coon terlihat anggun saat duduk. Bentuk kepalanya berbentuk segitiga dengan agak meruncing dibagian pipi ke mulutnya. Sorot matanya cukup tajam dengan ukuran agak besar dan telinga nya pun berukuran besar dan lebar diserta bulu-bulu halus panjang tampak disisi luar telinganya. Begitu pula dengan ekornya yang juga berukuran panjang dan berbulu lebat dari pangkal sampai keujungnya.
Baca juga:
Sebagai kucing yang mempunyai tampilan raksasa dibanding kucing ras pada umumnya bahwa kucing Maine Coon dewasa dapat mencapai berat hingga 9 kg. Selain itu, warna bulunya terdiri dari berbagai jenis warna mulai hitam, putih, silver, cokelat, dan kuning. Akan tetapi untuk tiap ekor kucing Maine Coon biasanya hanya terdiri dari dua atau tiga warna saja. Walaupun kepalanya berbentuk agar dan wajahnya menunjukkan kesan menyeramkan bukan berarti kucing ini tampak agresif kepada manusia. Sebab kucing Maine Coon tergolong kucing ras yang amat mudah beradaptasi dengan pemilik barunya dan bahkan cukup jinak yang selalu berada dekat pengasuhnya.
Gambar II: Kucing Maine Coon Dewasa
Disamping mudah beradaptasi dan ramah dengan pemiliknya terdapat sifat lainnya pada kucing Maine Coon yang perlu disimak. Sifat-sifat lainnya tersebut seperti kucing ini ternyata gemar diajak bermain terutama saat dibawa ke halaman atau taman. Kucing Maine Coon akan menikmati hidupnya di luar ruangan dengan mencari genangan air dan bermain di situ. Sifat lainnya yang dikupas dari kucing bertubuh tegap ini adalah kemandiriannya saat berada di luar rumah yang dengan cepat menyesuaikan diri.

Pada sejarahnya disebutkan bahwa ras kucing Maine Coon termasuk ke dalam salah satu ras kucing tertua di dunia. Kehadiran kucing Maine Coon bukanlah berasal dari rekayasa genetik oleh campur tangan manusia melainkan berlangsung alami. Karenanya sampai saat ini tidak diketahui secara pasti mengenai nenek moyangnya dan timbul beragam pendapat bahwa kucing Maine Coon disebut hasil kawin silang antara kucing Anggora dan Norwegian Forest. Adapula yang mengatakan bahwa asal kucing berbulu panjang ini antara rakun dengan kucing setengah liar. Walaupun terdapat banyak pendapat mengenai asal usulnya tentunya saat ini kucing Maine Coon telah banyak dikembangbiakkan untuk diperdagangkan ke berbagai negara termasuk Indonesia. Harga kucing Maine Coon lumayan mahal dan tergolong kucing mewah dengan taksiran harga dapat mencapai 20 jutaan. 

Tentunya bagi siapapun yang hendak membeli kucing ras manapun termasuk Maine Coon dapat mencarinya di tempat penjualan kucing resmi seperti cattery yang bersertifikat. Pastikan pula bahwa kucing Maine Coon sudah mendapatkan vaksinasi dari toko penjual untuk memastikan kesehatannya tetap terjaga. Karena bulu kucing Maine Coon cukup lebat dan panjang mengharuskan Anda untuk rajin menyisirnya agar kutu dan kuman tidak menempel di sela-sela buluya.

Sumber tulisan:
1. http://okdogi.com/2015/12/ingin-beli-kucing-maine-coon-baca-artikel-ini-dulu/
2. http://kucingmu.com/meong/6-ciri-khas-kucing-maine-coon-asli-dan-sifatnya-yang-lucu-imut-menggemaskan/

Sumber gambar:
1. https://pixabay.com/en/cats-kittens-maine-coon-hair-1935013/
2. https://pixabay.com/en/cat-maine-coon-domestic-cat-animal-1208013/

0 komentar:

Post a Comment