Sunday, January 15, 2017

Mencari Tahu Alasan Kucing Takut dengan Air

Hewan peliharaan yang paling favorit digemari masyarakat luas di seluruh negara salah satunya adalah kucing. Banyaknya orang-orang yang memelihara kucing agaknya dikarenakan tingkahnya yang kadang mengundang tawa. Selain itu bentuk fisik kucing yang penuh dengan bulu dan wajahnya yang bulat turut membuat kelucuannya tidak pernah berhenti menghibur para pemiliknya. Ditambah pula dimasa sekarang ini jenis kucing yang dipelihara terus mengalami pertambahan jumlah yang membuatnya tidak pernah surut akan peminat.

Kucing yang mudah ramah dengan manusia ternyata punya sisi lain yang jarang sekali kita perhatikan. Sisi lain tersebut adalah tingkah kucing yang sangat menghindari bersentuhan dengan air. Ya, saat kucing peliharaan dimandikan maka tingkahnya semakin menjadi-jadi dengan menolak agar tidak tersentuh air. Air yang begitu ditakuti oleh ragam jenis kucing yang ada dimanapun sampai ada yang mengabadikannya dalam bentuk video yang menjadi viral di dunia maya. Kucing yang takut pada air tersebut menolak untuk dimandikan dengan mengeluarkan suaranya mirip seperti orang minta tolong dalam bahasa inggris “help me... help me”. Tentunya perasaan kita saat melihat video viral tersebut terlihat lucu bercampur dengan perasaan kasihan juga.
Baca juga:
Nah, pada artikel ini penulis memberikan informasi kepada para pembaca sekalian tentang alasan dibalik takutnya kucing terhadap air. Alasan-alasan yang dipaparkan dalam artikel ini ada yang memuat unsur ilmiah dan logis untuk dipahami. Adapun poin-poin dari alasan kucing takut dengan air dapat disimak di bawah ini:

1. Dapat mengganggu kesehatan
Alasan pertama yang membuat kucing begitu menjauhi air karena dianggap dapat menggangu kesehatan fisiknya. Tubuh kucing yang diguyur dengan air dapat menurunkan suhu tubuhnya yang potensinya membuatnya rentan terserang penyakit. Anjloknya suhu tubuh kucing dapat ditulari oleh beragam kuman, bakteri, ataupun virus yang terdapat di udara atau air untuk memandikannya. Bila kuman atau bakteri sampai menulari kucing dengan menempel di bulu-bulunya yang belum kering maka kucing rentan terserang penyakit. Basahnya bulu kucing juga berpotensi dapat merontokkan bulu-bulunya karena terlalu sering terkena air dan jarang berjemur. Akibatnya bulu kucing kurang mendapatkan nutrisi dan rentan terlepas sendiri saat disentuh tangan ataupun terkena hembusan angin. Selain itu pula dengan kondisi tubuh yang lembab memudahkan kuman dengan cepat menempel di bulu-bulunya saat kucing berjalan di tanah atau tempat yang banyak terdapat kotoran yang berserakan.

2. Tidak menyukai tubuhnya basah
Bila kucing sampai dimandikan atau tercebur ke dalam air maka reaksinya akan berlari sekencang mungkin menghindari tempat air tersebut. Selain itu, kucing pun akan mengibas-ngibaskan bulunya untuk mengurangi air yang menempel sambil menjilatinya agar lekas kering. Reaksi yang ditunjukkan kucing saat tubuhnya basah terkena air menandakan ketidaknyamanannya dengan kondisi tersebut dan ditandai pula tubuhnya akan gemetaran atau menggigil karena kedinginan.

3. Dapat menurunkan suhu tubuhnya
Seperti yang telah disinggung pada poin pertama bahwa kucing yang terkena air dapat membuat suhu tubuhnya menurun. Suhu yang menurun bukanlah sesuatu yang disukai oleh kucing manapun dan supaya suhu tubuhnya dapat normal biasanya kucing akan berjemur untuk beberapa saat. Perlu diketahui pula bahwa kucing yang berjemur bukanlah dilakukan dalam tempo yang lama melainkan hanya agar suhunya yang sempat dingin dapat naik kembali. Setelah mendapatkan kehangatan biasanya kucing akan mencari tempat yang teduh atau terhindar dari sinar matahari untuk sekedar beristirahat.

Nah, itulah alasan yang mengapa kucing sangat takut terkena air baik sengaja dimandikan atau tidak sengaja tercebur ke dalam air. Akan tetapi yang jelas bahwa kucing pun dapat mandi sendiri dengan menjilati tubuhnya menggunakan air liur yang terdapat di lidahnya. Selain itu, tidak pula semua jenis kucing takut dengan air sebab ada beberapa jenis kucing yang hidup di hutan liar biasa tempatnya mencari makan berada di sungai. Dan biasanya kucing sejak kecil dirawat dengan memandikannya sedari kecil sampai dewasa dapat menghilangkan perasaan takutnya terhadap air.

Sumber Tulisan:
  1. http://tipskucing.com/kenapa-kucing-takut-air.html
  2. http://www.sukakucing.com/2015/12/penyebab-kucing-takut-dengan-air.html

2 comments