Wednesday, January 4, 2017

Mengenal Indahnya Murai Batu Thailand

Burung Murai Batu tergolong sebagai burung kicauan yang namanya tersohor tidak hanya di tanah air akan tetapi sampai keluar negeri. Ini terlihat bahwa spesies burung Murai Batu tidak hanya terdapat di wilayah hutan Indonesia saja melainkan di negara-negara tetangga pun ada populasinya. Selain itu, para pecinta burung Murai Batu pun juga banyak yang ada di luar negeri misalnya di Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Thainlad. Di masing-masing negara tersebut terdapat jenis Murai Batu kebanggaannya yang berbeda ciri fisik dan warna kicauannya pun berbeda dari jenis MB lainnya. Nah, pada artikel ini saya menuliskan mengenai salah satu jenis Murai Batu dari luar negeri yang cukup lumayan menyita perhatian karena mempunyai bentuk fisik yang indah dan suara kicauannya pun merdu. Nama burung Murai Batu tersebut adalah Murai Batu Thailand.

Sesuai namanya bahwa burung Murai Batu Thailand asalnya memang berada di wilayah hutan Thailand yang keterkenalannya tidak hanya diminati masyarakat sana tapi juga sampai ke Indonesia. Ciri khas dari Murai Batu Thailand ada bentuk ekornya yang tumbuh cukup panjang sampai 30 cm. Panjangnya ukuran ekor burung Murai Batu asal Thailand ini membuat tampilan fisiknya terlihat indah saat berjalan di tanah dengan ekor yang terkadang menyentuh tanah. Selain itu, ekor Murai Batu Thailand ini terdiri dari dua sampai tiga helai bulu saja dan bentuknya lebih tipis dibandingkan dengan ekor jenis MB lainnya yang cukup tebal. Warna ekor burung Murai Batu Thailand adalah hitam kebiruan dan sewaktu terpapar sinar matahari warna bulunya akan terlihat kebiruan gelap yang tampak mengiklap. 

Gambar: Burung Murai Batu Thailand
Ciri fisik lainnya dengan melihat ukuran tubuhnya yang secara umum tampak lebih kecil dibanding jenis MB lainnya. Tubuhnya diselimuti warna hitam dibagian kepala, dagu, punggung, dan dadanya. Sedangkan area perut sampai pangkal ekornya berwarna kuning kemerahan dan sayapnya ada yang berwarna hitam tapi ada pula yang berwarna kebiruan mengikuti warna ekornya. Dibagian atas tubuhnya dekat pangkal ekor terdapat disapu warna putih cerah yang lazim terdapat pada jenis MB lainnya. Berbicara tentang kicauannya tergolong cukup variasi dengan mampu mengeluarkan suara yang berganti nada pada saat sekali berkicau. 

Penyebaran burung Murai Batu Thailand di negaranya sendiri umumnya terdapat di hutan hujan nya dan dekat perbatasan dengan negara Malaysia. Selain itu pula masyarakat disana dalam memelihara burung Murai Batu Thailand seringnya bukan dijadikan burung pengicau akan tetapi hanya untuk menikmati keindahan fisiknya saja. Karenanya dalam menentukan harga burung Murai Batu Thailand bukan dilihat dari seberapa banyaknya burung ini mendapatkan juara kontes burung kicauan melainkan dengan memperhitungkan keindahan fisiknya.

Nah, begitulah penjelasan yang kiranya dapat menjawab rasa penasaran dan ingin tahu para pembaca sekalian mengenai burung Murai Batu Thailand. Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu bagi siapapun yang ingin banyak tahu mengenai Murai Batu asal Thailand yang sangat minim yang menuliskannya. Selamat membaca. 

Sumber Tulisan:
https://omkicau.com/2015/03/12/video-dan-audio-murai-batu-asal-medan-malaysia-thailand-dan-vietnam/
http://www.budidayakenari.com/2015/12/ciri-fisik-murai-batu-thailand-filipina-malaysia.html

Sumber Gambar:
http://www.surfbirds.com/gallery/search2.php?species=White-rumped%20Shama

0 komentar:

Post a Comment