Tuesday, January 31, 2017

Mengenal Lebih Dekat Kucing Scottish Fold

Kucing Scottish Fold merupakan sederet kucing ras yang saat ini tergolong banyak peminatnya tidak hanya di negara asalnya tapi merambah keberbagai negera lainnya termasuk Indonesia. Keunikan kucing Scottish Fold tampak dari bentuk telinganya yang melipat kedepan hingga kadang hampir menyentuh keningnya. Bentuk telinga yang melipat ke arah depan tersebut tentunya hanya ada pada kucing asal Skotlandia ini dan membuatnya tampak lucu serta menimbulkan ketertarikan bagi yang melihatnya.
Telinga yang melipat ke arah depan yang terjadi pada kucing Scottish Fold berlangsung secara alami yang awalnya tanpa mendapatkan sentuhan tangan manusia untuk mempengaruhi genetikanya. Ini terlihat dari sejarahnya bahwa kucing Scottish Fold yang awalnya bernama Flops ditemukan pertama kali oleh petani di Perthshire, Skotlandia pada tahun 1961. Pada awal petani yang melihat kucing ini sudah mempunyai bentuk telinga yang melipat ke depan dan warna bulunya putih. Adanya penemuan kucing yang telinganya melipat ke depan ini pun ditandai sebagai nenek moyangnya ras pertama kucing Scottish Fold di dunia.
Gambar I: Anakan Kucing Scottish Fold
Selanjutnya, pada tahun 1966 keturunan kucing Scottish Fold dari indukan yang ditemukan pertama kali oleh seorang petani tahun 1961 coba didaftarkan kepada organisasi pecinta kucing dunia di Inggris yang bernama Governing Council of the Cat Fancy (GCCF). Dalam perkembangan berikutnya ras kucing Scottish Fold yang telah dikembangbiakkan dibawa terbang ke Amerika untuk menstabilkan genetik agar memastikan setiap kucing yang lahir dari ras ini akan mempunyai bentuk telinga yang sama nantinya. Tentunya cara tersebut berhasil dan menjadikan kucing ras telinga melipat ke depan ini dicatatkan kembali ke GCCF yang sebelumnya sempat dihapus.
Baca juga:
Ciri fisik kucing Scottish Fold sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan kucing ras pada umumnya. Terlihat dari ukuran badannya yang tergolong tegap dengan berat mencapai maksimal 6 kilogram untuk yang jantan dan betina sekitar 4 kilogram. Bentuk kepalanya tampak bulat seperti bola dengan bentuk mata yang juga besar. Panjang tubuhnya terbilang sedang atau hanya sekitar 40-an cm saja. Untuk warnanya sendiri terdiri cukup bervariasi seperti putih, silver, abu-abu, dan kuning keemasan tergantung dari jenis indukannya. Ras kucing Scottish Fold dibagi dalam dua kelompok yakni ras berbulu pendek dan berbulu panjang. Terjadinya perubahan telinga yang melipat pada kucing Scottish Fold hanya terjadi pada saat mulai berumur sekitar 4 minggu. Sebab saat pertama kali lahir biasanya anakan kucing ini telinganya berbentuk meruncing tegak seperti kucing lainnya.
Gambar II: Kucing Scottish Fold Dewasa
Berbicara tentang karakternya perlu diketahui bahwa ras kucing Scottish Fold termasuk kucing yang mudah beradaptasi dan aktif. Dengan keaktifan dan kelincahannya membuat kucing ini sangat cocok dijadikan teman bermain yang dijamin dapat mengocok perut si pemilik hingga tertawa lepas. Akan tetapi dapat disimak pula bahwa kucing Scottish Fold mesti cukup mendapatkan perhatian dari pemiliknya. Sebab bila jarang diperhatikan dengan menyapa atau mengelus lehernya dapat menjadikannya stress dan mudah terserang penyakit. Suara kucing Scottish Fold sewaktu memanggil pemiliknya terdengar lembut dan nadanya rendah. Tentunya bagi siapapun yang mendengarnya akan merasa bahagia dan terenyuh hatinya untuk langsung mengelus-ngelus kepala dan menggendongnya.
Dalam perawatannya juga perlu diperhatikan tentang kebersihan bulu-bulunya dengan rutin menyisir terutama untuk yang berbulu panjang. Begitu pula dengan telinganya yang mengatup ke depan perlu dibersihkan bagian dalamnya karena model telinga seperti itu lebih mudah lembab dan ditutupi kotoran. Selain itu, dapat membawanya ke tempat perawatan kucing ras untuk memeriksa kesehatannya agar terhindar dari serangan penyakit. Disamping itu pula dapat menambah pengetahuan si pemilik tentang cara merawatnya yang benar termasuk jenis pakan yang baik untuknya.
Meninjau harganya bahwa kucing yang menggemaskan ini dibandrol dengan harga yang relatif mahal. Untuk satu ekor kucing Scottish Fold yang telah dewasa harganya dapat mencapai di atas 10 jutaan tergantung dari jenis bulu, telinga, kelamin, usia, dan sertifikat dari cattery tempatnya dijual. Akan tetapi dengan hanya meihat gambar kucing Scottish Fold yang bertubuh gempal dengan bentuk wajah yang bulat ditambah telinga yang mengatup ke depan tentunya tak ada salahnya untuk memelihara kucing ras ini.

Sumber Tulisan:
1. https://okdogi.com/2016/05/kucing-scottish-fold/
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Scottish_Fold

Sumber Gambar:
1. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/05/Silver_tabby_Scottish_Fold_Kitten.jpg/512px-Silver_tabby_Scottish_Fold_Kitten.jpg 
2. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/ba/Scottish_Fold_-_CFF_cat_show_Heinola_2008-05-03_IMG_7882.JPG/512px-Scottish_Fold_-_CFF_cat_show_Heinola_2008-05-03_IMG_7882.JPG

0 komentar:

Post a Comment