Monday, January 2, 2017

Mengenali Sifat yang Ada pada Burung Kenari

Burung Kenari tergolong sebagai burung yang cukup banyak dipelihara oleh para pecinta burung kicauan tidak hanya di tanah air tapi juga mancanegara. Populernya burung Kenari di antara puluhan jenis burung ocehan dikarenakan burung ini mempunyai karakteristik bunyi kicauan yang unik dan warna bulunya yang tergolong cantik. Selain itu, didukung pula dengan sifat atau karakteristik yang dibawa burung Kenari turut membuat siapapun yang melihatnya menjadi tertarik untuk memelihara.

Pada tulisan ini, akan diuraian mengenai sifat atau karakter burung Kenari yang perlu diketahui oleh kita semua. Adapun penjelasannya dapat disimak di bawah ini:
Gambar: Burung Kenari
1. Gemar berkicau
Salah satu sifat yang dimiliki burung Kenari adalah kegemarannya berkicau dalam berbagai kondisi. Biasanya burung Kenari dapat berkicau dengan hanya mendengarkan suara kicauan dari burung sejenis atau yang berada di dekatnya. Dengan mendengarkan suara kicauan burung lain dapat mendorongnya semakin rajin berkicau dan semangat tempurnya pun naik untuk beradu suara. Selain itu, burung Kenari dikenal memiliki suara merdu dan banyak variasi suara kicauan sehingga membuatnya sangat senang berkicau tidak hanya saat berada didekat pemiliknya akan tetapi saat bertanding pun semangtnya untuk berkicau tidak pernah surut.
2. Tergolong mudah beradaptasi
Sifat alami lainnya yang dimiliki oleh burung Kenari adalah kemampuannya yang mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Hal terbukti bahwa burung Kenari bukanlah burung endemik yang hidup di alam liar kita melainkan asalnya berada di tanah Eropa. Akan tetapi saat ini semua burung Kenari yang ada di Indonesia tidak mengalami kesulitan dalam menyesuaikan dengan lingkungan barunya yang mempunyai perbedaan iklim dan alamnya. Ini tentunya menjadi kelebihan tersendiri pada burung Kenari yang terkadang tidak semua burung asal luar negeri mampu dengan baik beradaptasi di lingkungan barunya.
3. Jarang mengalami stress
Satu keunikan yang dimiliki burung Kenari adalah jarang mengalami stress saat pemilik memindahkannya dari satu tempat ke tempat yang lain. Ini dapat diketahui saat burung Kenari berpindah tempat atau sangkar tidak lantas membuatnya tertekan dan malas berkicau. Akan tetapi sewaktu dipancing dengan membunyikan rekaman suara kicauan ataupun mendekatkannya dengan burung lain maka ia pun terpancing akan turut berkicau.
4. Mempunyai tingkat birahi yang mudah naik
Sifat lainnya yang patut diingat dari burung Kenari terkait dengan tingkat birahinya yang mudah naik. Ini tentu menguntungkan bagi pemilik yang ingin mengembangbiakan burung Kenari. Cukup hanya menyatukan burung Kenari jantan dengan betina dalam satu kandang maka si pejantan akan dengan mudah menyesuaikan dirinya untuk mendekati betina tanpa berkelahi. Selain itu, dengan naiknya birahi burung Kenari dapat meningkatkan performanya dalam berkicau dan daya tempurnya untuk tidak mudah takut dengan lawannya.
Nah, itulah kiranya empat sifat atau karakter yang umumnya dimiliki oleh burung Kenari. Untuk itu bagi Anda yang ingin mempunyai burung Kenari maka tak ada salahnya membaca artikel ini sampai tuntas untuk mengetahui sifatnya agar mengerti bagaimana cara merawatnya. Oke, Selamat membaca.

Sumber Tulisan:
1. http://www.budidayakenari.com/2015/02/karakteristik-kenari.html
2. http://marisukses.com/ciri-umum-dan-karakter-dasar-burung-kenari/

Sumber Gambar:
1. http://www.pets4homes.co.uk/images/articles/1740/common-illnesses-in-canaries-539dcf2887fcf.jpg


0 komentar:

Post a Comment