Tuesday, April 4, 2017

Bolehkan Murai Batu Diberikan Terapi Mandi Hujan?

Terapi yang digunakan kepada burung Murai Batu agar kicauannya semakin merdu dan memperkokoh mentalnya terbilang cukup banyak. Terapi tersebut mulai dari memperdengarkan suara kicauan burung tertentu, meletakkan dikandang umbaran, memberikan pakan voer, dan terapi mandi hujan. Tiga dari empat terapi di urutan pertama tersebut sudah sangat sering digunakan oleh para pemelihara burung Murai Batu agar burung kicauannya mampu berkicau merdu dan mentalnya dapat menekan burung lain. Hanya saja, diterapi mandi hujan termasuk cukup jarang dilakukan kepada burung Murai Batu. Sehingga menimbulkan pertanyaan tentang boleh atau tidaknya terapi tersebut diberikan kepada burung Murai Batu.

Ya, terapi mandi hujan yang ditujukan kepada burung Murai Batu tergolong sudah banyak yang mendengarnya tapi baru sedikit yang berani mencobanya. Alasannya masih sedikit bukti yang menunjukkan bahwa terapi mandi hujan memang berdampak positif bagi burung Murai Batu. Dalam pembuktian bahwa terapi mandi hujan tergolong aman dilakukan kepada burung Murai Batu dan jenis burung lainnya pernah diutarakan oleh E-bird Mastering Indonesia. Menurut komunitas tersebut bahwa burung ocehan termasuk Murai Batu yang diberikan terapi mandi hujan bisa memperlancar aliran darah dan menguatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit dan perubahan cuaca.
Gambar: Hujan
Manfaat lainnya yang diperoleh burung Murai Batu yang mendapatkan terapi mandi hujan bisa menambah variasi kicauannya dengan serignya mendengarkan tetesan hujan yang turun. Selain itu, mental burung Murai Batu pun semakin kuat dan tidak mudah takut saat digantang bersama burung sejenis dengan kualitas kicauan yang tak kalah hebat. Walaupun demikian ragam manfaat yang diharapkan dapat diperoleh burung Murai Batu dengan terapi mandi hujan mesti dilakukan dengan prosedur yang benar. Sebab bila salah dalam menerapkannya dapat membuat burung Murai Batu malah terserang penyakit, mental ngedrop, dan macet bunyi.

Untuk itu dalam memberikan terapi mandi hujan kepada burung Murai Batu perlu memperhatikan beberapa kondisi. Adapun penjelasannya sebagai berikut:
  1. Kondisi kesehatan. Sebelum burung Murai Batu diberikan terapi mandi hujan perlu memastikan bahwa tubuhnya tidak dalam kondisi sakit seperti flu, masuk angin, peradagangan di bagian saluran pernapasan, dan terdapat luka serius dibagian tubuh yang tidak boleh tersentuh air.
  2. Kondisi hujan. Terapi mandi hujan hanya layak diberikan pada saat kondisi hujan yang turun tidak berangin kencang seperti badai dan volume air yang turun tidak terlalu deras. Bila hujan yang turun cukup deras dengan berangin kencang sebaiknya burung Murai Batu tidak diterapi.
  3. Kondisi sangkar. Pastikan pula bahwa sangkar yang dijadikan tempat burung Murai Batu nanti mendapatkan terapi tidak sedang dalam kondisi lapuk atau karatan pada batang jerujinya. Sebab bila saat diletakkan di bawah guyuran hujan sangkar tersebut rusak dan terdapat lobang maka bisa membuat burung Murai Batu kabur dari sangkar.
  4. Durasi dan waktu terapi. Bila dari tiga poin di atas sudah terpenuhi tentunya burung Murai Batu dikatakan layak untuk mendapatkan terapi mandi hujan. Hanya saja yang perlu diperhatikan terkait dengan durasi dan waktu terapinya. Lamanya waktu atau durasi yang tepat bagi burung Murai Batu mendapatkan terapi mandi hujan sekitar 15 sampai 20 menit ataupun bisa paling lama sekitar 30 menit. Selain itu, waktu yang tepat untuk menterapi burung Murai Batu dengan air hujan di waktu pagi sampai menjelang siang. Bila burung dipaksakan mendapatkan terapi pada saat sore ataupun malam hari bisa berpotensi mengganggu kesehatannya.
Nah, itulah penjelasan terkait boleh atau tidaknya terapi mandi hujan diberikan kepada burung Murai Batu. Untuk itu bagi Anda yang mempunyai burung Murai Batu tak ada salahnya diberikan terai mandi hujan dengan mengikuti aturan yang ditulis dalam artikel ini. Selamat mencoba.

Sumber Tulisan:
1. http://www.tipsburung.com/2016/04/anda-memandikan-burung-dengan-air-hujan.html
2. http://www.muraibatu.link/2016/08/manfaat-terapi-mandi-hujan-bagi-murai.html

Sumber Gambar:
https://cdn.pixabay.com/photo/2015/06/19/20/14/water-815271_960_720.jpg

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment