Tuesday, April 4, 2017

Mengenal Karakter yang Ada pada Burung Murai Batu

Burung Murai Batu tergolong amat populer dibandingkan jenis burung ocehan lainnya yang dikenal saat ini. Orang-orang yang menyukai burung Murai Batu tak terlepas dari kicauannya yang lantang dan mental yang tak mudah takut. Selain itu, jenis burung Murai Batu yang diikutkan bertanding pun lebih sering memenangkannya dan diberbagai daerah yang banyak diadakan perlombaan burung ocehan selalu dibuka kelas khusus burung Murai Batu. Untuk itu tak khayal harga burung Murai Batu pun melonjak jauh hingga bisa mencapai puluhan juta rupiah di tiap ekornya.

Begitu terkenalnya burung Murai Batu dimata para penggemarnya yang ada dibanyak daerah termasuk di luar negeri tentunya terkait pula dengan karakternya. Karakter yang dimiliki oleh jenis burung ocehan manapun termasuk Murai Batu punya andil cukup besar dalam menentukan tingkat kepandaiannya berkicau dan mudah atau tidaknya beradaptasi di lingkungan barunya. Bila burung ocehan sulit dijinakkan oleh pemilik dan kualitas suaranya kurang bervariasi tentu sangat sedikit ada yang ingin memeliharanya. Akan tetapi berbeda dengan burung Murai Batu yang dikatakan pandai dalam berkicau dan variasi kicauannya pun cukup banyak. Tentunya bila dikaitkan dengan karakernya dapat dikatakan burung Murai Batu tipikal burung yang memiliki tingkat kecerdasan cukup tinggi.
Gambar: Burung Murai Batu di alam liar
Tingginya tingkat kecerdasan pada burung Murai Batu hanyalah satu dari banyak lagi karakter atau sifat yang perlu diketahui oleh para pembaca sekalian. Untuk itu dalam artikel ini coba dituliskan terkait semua karakter yang ada pada burung Murai Batu. Adapun penjelasanya bisa dibaca di bawah ini:
  1. Mudah jinak. Salah satu karakter yang dimiliki oleh burung Murai Batu adalah tidak terlalu sulit dalam menjinakkannya. Burung Murai Batu yang baru dibeli dari pasar burung ocehan yang terkadang ada yang masih dalam kondisi giras atau liar. Proses penjinakannya pun tidak perlu memakan waktu hingga berbulan-bulan lamanya dan hanya cukup mengerti terkait pakan, memandikan, dan penjemuran yang tepat agar cepat jinak. Apalagi burung Murai Batu yang hidup di alam liar memiliki habitat yang jauh dari pemukiman masyarakat atau tinggal di hutan lebat. Karenanya tak salah banyak yang menyukai burung Murai Batu untuk dipelihara dan perlombakan.
  2. Tidak sulit beradaptasi. Karakter lainnya yang ada pada burung Murai Batu dikenal sebagai burung yang tidak sulit dalam beradaptasi. Burung Murai Batu yang baru dipindahkan ke lingkungan barunya tergolong cepat menyesuaikan diri dengan sangkar dan tempat atau rumah pemiliknya. Hal ini pun dapat dilihat bahwa Murai Batu yang baru menempati sangkarnya tetap bisa berkicau dan tidak menunjukkan sedang mengalami stres.
  3. Birahi yang mudah terpancing. Burung Murai Batu dikenal sebagai burung yang mudah naik birahinya saat mendengar kicauan burung sejenis atau burung lain yang seolah-olah hendak menantangnya. Naiknya birahi burung Murai Batu ini berdampak positif dengan performanya yang terlihat lebih rajin bunyi atau gacor baik saat digantang ataupun dibawa kearena lomba.
Nah, itulah penjelasan terkait karakter yang dimiliki oleh burung Murai Batu yang jarang diketahui orang-orang. Dengan mengetahui kesemua karakter di atas tentunya tak salah bahwa siapapun baik itu pemelihara maupun tidak akan lebih mengenal burung Murai Batu ketimbang jenis burung lainnya. okey.

Sumber Tulisan:
1. http://www.muraibatu.link/2013/07/karakter-burung-murai-batu.html
2. https://www.binatangpeliharaan.org/murai-batu/karakter-dan-sifat-dasar-murai-batu/

Sumber Gambar:
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/3/3b/White-rumped_Shama_Thailand.jpg/800px-White-rumped_Shama_Thailand.jpg

0 komentar:

Post a Comment