Sunday, April 2, 2017

Mengulik Keindahan Kucing Manx

Bagi para pecinta kucing hias mungkin sudah akrab dengan kucing Manx yang dikenal sebagai kucing tanpa ekor. Ya, kucing yang asalnya dari Inggris ini tergolong unik dan berbeda dari jenis ras kucing lainnya. Perbedaan tersebut hanya terletak pada ekornya yang membuat kucing Manx cukup istimewa dan banyak dipelihara orang-orang dari berbagai negara termasuk Indonesia. Selain itu, dari awal kucing Manx mulai dikenal orang-orang sudah mendapatinya sebagai kucing yang berekor amat pendek hingga hampir tidak berekor. Untuk itu pada artikel ini coba mengulik lebih jauh lagi tentang kucing Manx.

Kucing Manx yang juga dikenal dengan nama Rumpy tergolong jenis kucing hias yang sudah lama dikenal orang-orang dari tahun 1870-an. Awal dari orang-orang yang mengenal kucing Manx sudah mendapatinya mempunyai ekor yang sangat pendek dan memprediksi asalnya dari pulau kecil di Inggris yang bernama Isle of Man. Begitu lamanya kucing Manx telah dikenal membuat kehadirannya pun dipenuhi misteri dan mitos yang berkembang tentang asal usul ekornya yang sangat pendek. Cerita yang berkembang tentang kucing Manx pun dikatakan bermula sejak zaman Nabi Nuh tepatnya saat bahtera kapal sedang mengarungi banjir besar yang menutupi seluruh daratan. Dalam bahtera tersebut terdapat kucing yang sudah tidak memiliki ekor akibat terjebit pintu masuk bahtera kapal saat hendak masuk dengan terburu-buru. Dengan terpotongnya ekor kucing tersebut membuatnya harus memiliki keturunan yang juga tidak mempunyai ekor.
Gambar: Kucing Manx
Cerita lainnya yang tak kalah menarik disimak terkait ekor kucing Manx yang sangat pendek tersebut juga terjadi di bahtera kapal Nabi Nuh. Hanya saja pendeknya ekor tersebut bukan dikarenakan terjepit pintu tapi akibat digigit oleh seekor anjing yang mengejar kucing sampai ekornya terputus. Walaupun banyak versi terkait cerita yang masih diperlukan bukti atas kebenarannya tetap saja dikatakan bahwa pendeknya ekor kucing Manx bisa jadi akibat adanya perubahan genetik secara alami dan berlangsung dalam waktu yang tidak sebentar tentunya.

Di awal orang-orang yang suka dengan kucing Manx biasanya menjadikannya sebagai penjaga gudang gandum milik petani dari hama tikus. Tapi seiring berjalannya waktu tepatnya di awal abad 19 sekitar tahun 1900-an telah dilakukan pengembangbiakan terhadap kucing Manx untuk dijadikan contoh dalam melahirkan generasi berikutnya agar secara fisik mengikuti indukan dan teruji kesehatannya agar tidak membawa penyakit turunan.

Selain dengan ciri hampir tidak memiliki ekor atau berekor cukup pendek perlu juga diketahui tentang ciri lainnya dari kucing Manx. Adapun ciri-ciri tersebut bisa disimak penjelasannya dibawah ini:
  1. Memiliki postur tubuh yang tegap atau besar, gemuk, dan berotot dibagian keempat kakinya.
  2. Lehernya berukuran pendek, mata yang oval dan besar, telinga cukup besar dan agak berjauhan, dan kepalanya lumayan besar dengan pipi yang mengembang ke samping.
  3. Dua kaki depannya berukuran jauh lebih pendek dibandingkan dengan dua kaki disisi belakang.
  4. Warna tubuhnya cukup variatif dan tiap ekor biasanya mempunyai lebih dari satu warna. Selain itu warna-warna yang ada pada kucing Manx seringnya adalah putih, cokelat, hitam, kuning tua, dan lainnya yang disesuaikan dengan warna indukannya.
  5. Berat badan kucing Manx maksimal bisa mencapai 5 kg.
Sedangkan sifat atau karakter yang dimiliki kucing Manx cukup beragam mulai dari tenang, lembut, mudah dilatih, mudah beradaptasi, suka berada dekat dengan pemiliknya, dan mampu memburu hewan pengerat kecil semacam tikus. Dengan sifatnya ini membuat orang-orang pun banyak yang berebut untuk memelihara kucing Manx. Adapun harga yang dibandrol kepada kucing Manx tergolong mahal. Sebab tiap ekornya bisa dihargai sampai 20 juta yang disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, warna bulu, kesehatan, dan kelengkapan sertifikat. Untuk itu bagi Anda yang tertarik dengan kucing Manx baiknya membelinya di toko hewan resmi agar tidak tertipu dan memperoleh informasi tentang cara merawatnya supaya berumur panjang.

Sumber Tulisan:
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Kucing_manx
2. http://www.cattery.co.id/kucing-manx/

Sumber Gambar:
1. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/3/3e/Manxcat.jpg/800px-Manxcat.jpg

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment