Friday, September 22, 2017

Mari Menjaga Kelestarian Sungai

Sungai bagi berbagai makhluk hidup seperti manusia, binatang, dan tumbuhan merupakan tempat yang mampu untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang diperlukan semua makhluk hidup. Sehingga keberadaan sungai sangatlah penting guna dapat membantu berbagai urusan yang dilakukan oleh makhluk hidup yang menggunakannya. Sedari itu juga keasrian sungai perlu untuk dijaga dan dengan tidak dikotori oleh tumpukan sampah atau limbah yang dibuang ke sungai.

Menurut fungsinya sungai sangat membantu dalam memudahkan berbagai urusan manusia yang menggunakan sungai. Berbagai macam fungsi dari sungai tersebut di antaranya adalah sebagai pusat air untuk diolah menjadi air mineral yang higenis dan layak dikonsumsi, dapat membantu dalam pengairan sawah atau ladang masyarakat, bisa sebagai tempat untuk pembangkit tenaga listrik, dan masih banyak lagi. Begitu banyak fungsi dari sungai tersebut sejatinya jika dengan benar dikelola maka seluruh masyarakat akan hidup sejahtera dan terhindar dari bencana seperti banjir.
Gambar: Sungai yang lestari
Fungsi sungai tersebut sama bermanfaatnya juga bagi makhluk hidup yang lain seperti binatang dan tumbuhan yang hidup di sana. Contohnya saja adalah ikan yang merupakan spesies dari makhluk yang jumlahnya paling banyak yang mendiami sungai sebagai tempat tinggalnya. Di sungai berbagai jenis ikan dapat hidup dengan nyaman dan bisa berkembang biak dengan aman serta tersedia makanan yang jumlahnya sangat banyak. Begitu juga bagi tumbuh-tumbuhan yang hidup disekitar sungai yang membantu memberikan pengairan bagi tumbuhan tersebut agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Semua fungsi tersebut dapat berlaku untuk manusia dan makhluk hidup bila keasrian dari sungai dapat terjaga dan tidak tercemar.

Sungai yang tercemar baik oleh sampah organik dan an-organik maka fungsi yang dijelaskan demikian akan sirna dan beralih fungsi sebagai ladang yang mendatangkan banjir kepada masyarakat yang hidup di sekitarnya dan memunculkan penyakit dari sampah yang menumpuk di sana. Sehingga dampak buruk yang diterima manusia dari sungai yang tercemar sangat besar sekali begitu juga bagi ikan-ikan dan tumbuhan yang ada disekitar sungai pun akan terkena imbasnya seperti mati keracunan dan terpaksa harus migrasi ke tempat yang lain.

Menurut berita yang dilangsir oleh surat kabar Kontan dalam websitenya kontan.co.id mengatakan bahwa hampir 80% sungai di Indonesia sepanjang tahun 2008-2013 telah tercemar (25/03/2014). Kabar tersebut dikutip langsung dari pernyataan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) tentang pemantaun sungai-sungai di seluruh provinsi di tanah air. Sungai-sungai yang terlah tercemar tersebut disebabkan oleh prilaku buruk sebagian dari masyarakat yang tidak menghargai betapa besarnya peran sungai dalam mengatur kestabilan hidup kita. Penyebab sungai-sungai menjadi tercemar diakibatkan banyaknya yang membuang sampah di sungai sehingga jumlah sampah tersebut kian hari samakin banyak dan akibatnya banjir serta penyakitlah yang datang menghampiri kita semuanya.

Kebiasaan buruk tentang membuang sampah sembarangan ke sungai merupakan masalah klasik yang sangat sulit untuk dirubah. Orang-orang yang hidup dekat bantaran sungai dalam pengelolaan limbah rumah tangganya seringkali malas untuk membuangnya ke tempat sampah, alhasil sungai sebagai tempat yang dekat dengan rumahnya dijadikan tempat sampah instan yang berkapasitas besar. Sedari itu kampanye tentang penyelematan sungai sangat dibutuhkan sekali guna menyelamatkan sungai dari pencemaran yang lebih parah lagi.

Berbagai elemen masyarakat harus sadar dan mampu berintegrasi untuk bekerja sama dalam melindungi sungai yang mempunyai peran vital bagi kehidupan manusia. Penyelematan yang bisa dilakukan adalah dengan ramai-ramai ikut dalam pelestarian sungai dengan membersihkannya dari sampah yang menumpuk di atasnya. Dan selanjutnya dapat memasang papan pemberitahuan dengan menuliskan kata-kata bijak tentang pentingnya arti sungai bagi kita semua. Lalu secara bersama-sama memberikan didikan atau pengajaran kepada seluruh masyarakat tentang arti sungai bagi kita sehingga secara perlahan-lahan kesadaran cinta lingkungan akan muncul.

Adanya kontribusi bersama dari semua elemen masyarakat menandakan telah lahirnya kepedulian yang besar untuk mengasrikan sungai kembali dari sampah yang mencemarinya. Karena dampak nyata dari sungai yang tercemar oleh sampah itu akan terlihat jelas bila musim hujan tiba. Sungai yang sudah disesaki oleh tumpukan beragam jenis sampah dan limbah akan lebih mudah meluap dan membanjiri area yang ada di sekitarnya. Hal ini sudah sangat sering terjadi di pedesaan maupun perkotaan yang mempunyai sungai yang telah tercemar oleh sampah.

Tentunya dengan seringnya terjadi bencana banjir yang dikarenakan meluapnya air sungai sejatinya dapat menyadarkan kita bahwa kelestarian perlu untuk dijaga. Sedari itu mari agar tidak ada lagi yang membuang sampah di sungai. Sehingga fungsi sungai yang amat berharga bagi seluruh makhluk hidup disekitarannya bisa terus mencicipinya sampai kapanpun dengan tetap menjaga kelestariannya.

Sumber Gambar:
https://pixabay.com/en/flowing-creek-water-stream-nature-1029885/

0 komentar:

Post a Comment