Tuesday, September 19, 2017

Perlunya Meliarkan Burung Anis Merah Yang Terlalu Jinak

Memelihara burung Anis Merah yang telah berhasil dijinakkan memang memberikan banyak keuntungan bagi pemiliknya. Keuntungan tersebut tidak hanya memudahkan pemiliknya dalam melatih dan memaster kicauannya saja. Tapi juga membuat burung Anis Merah mudah menurut saat diberikan pakan dan tidak kesulitan dalam memandikannya. Hanya saja, bila kejinakan burung Anis Merah terlalu berlebihan dapat memberikan dampak yang kurang baik terhadap kualitas kicauan dan karakternya.

Terlalu jinaknya burung Anis Merah dikatakan mampu merubahnya menjadi sangat ingin dekat kepada pemilik atau perawatnya. Hal ini terlihat saat pemilik datang mendekati sangkar burung Anis Merah dengan tujuan untuk memberikan makan ataupun sekedar melihatnya biasanya burung akan langsung berhenti berkicau dan turun dari tangkringan mendatangi pemiliknya. Persoalan tidak inginnya burung Anis Merah berkicau saat didatangi pemilik atau perawatnya membuatnya akan sulit dibawa ke arena perlombaan. Dikarenakan pemiliknya tentu tidak bisa melihat burung kesayangannya secara langsung dan hanya dapat bersembunyi agar burung tetap ingin berkicau lancar seperti biasanya.

Disamping itu, burung Anis Merah yang terlalu jinak seringnya terjadi akibat pemilik selalu memberikan pakan secara langsung ke paruhnya. Durasi pertemuan antara pemilik dengan burung Anis Merah nya pun yang terlalu sering dalam sehari juga bisa menjadi penyebab burung sangat jinak. Untuk itu, bila terlanjur memiliki burung Anis Merah yang sangat jinak dapat merubah karakternya agar sedikit liar. Tujuannya supaya burung tetap lancar berkicau dan tidak harus turun dari tangkringan hanya untuk dimanjakan oleh pemiliknya yang berada di dekatnya.
Gambar: Burung Anis Merah
Adapun upaya atau cara dalam meliarkan burung Anis Merah yang terlalu jinak dapat disimak penjelasannya di bawah ini:

1. Memperhatikan kualitas dan cara pemberian pakannya
Cara awal dalam mengurangi tingkat kejinakan burung Anis Merah yang berlebihan dapat mengatur jenis pakan yang diberikan padanya. Usahakan memberikan burung Anis Merah pakan yang mengandung banyak nutrisi yang berasal dari voer, buah-buahan, ataupun serangga hidup. Perlu juga menambahkan pemberian multivitamin agar kondisi tubuh burung tetap sehat dan tidak terkena penyakit. Selain itu, pemberian pakan kepada burung Anis Merah sebaiknya tidak dilakukan secara langsung agar sifat manjanya dapat berkurang dengan cara menaruh pakannya di dalam cepuk dan tidak perlu mengajak burung mengobrol.

2. Perlu dimandikan saat malam hari
Cara lainnya yang bisa dilakukan agar burung Anis Merah tidak terlalu jinak kepada pemiliknya dengan memandikannya saat malam hari. Burung Anis Merah yang dimandikan diwaktu malam dapat berguna dalam mengurangi sifat manjanya agar tidak selalu ingin dekat dengan pemiliknya. Waktu mandi malam yang diberikan kepada burung bisa dilakukan beberapa kali dalam seminggu dan disesuaikan pula dengan kondisi kesehatan serta cuaca di luar ruangan. Tentunya bila kondisi tubuh burung Anis Merah sedang kurang sehat dan cuaca lagi mendung atau hujan maka ada baiknya jangan dulu memandikannya sampai dengan kesehatannya pulih.

3. Mengasuhkannya kepada orang lain
Bila dua cara di atas tidak juga memberikan hasil maksimal terhadap perubahan sikap burung Anis Merah yang tetap manja atau terlalu jinak kepada pemiliknya maka bisa melakukan cara lain dengan menitipkannya sementara waktu ke orang untuk dirawat. Cara ini dilakukan agar burung Anis Merah dalam beberapa waktu ke depan tidak akan melihat pemilik aslinya dan mulai terbiasa mendapatkan perawatan biasa dari perawat sementaranya. Bila dalam masa perawatan dengan orang lain itu dapat mengubah sifat jinaknya yang berlebihan tersebut agar sedikit liar maka tandanya burung Anis Merah sudah siap dipulangkan kembali kepada pemilik aslinya.

Yup, itulah cara atau upaya yang diperlukan dalam meliarkan burung Anis Merah yang terlalu jinak kepada pemiliknya. Semoga dengan membaca artikel ini sampai tuntas dapat menjadi solusi bagi Anda yang punya persoalan serupa dengan memiliki burung Anis Merah yang terlalu jinak. Okey.

Sumber Tulisan
1. https://omkicau.com/2016/01/24/tips-mengatasi-burung-anis-merah-yang-ngeboss-dan-terlalu-manja/
2. http://caramerawatburung.com/tips-atasi-burung-anis-merah-manja-atau-ngeboss/

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Zoothera_citrina_2_-_Khao_Yai.jpg

0 komentar:

Post a Comment