Sunday, December 3, 2017

Ragam Manfaat Buah Mangga Bagi Burung Ocehan

Bila ditanyakan tentang buah Mangga mungkin tidak ada satu pun dari para pembaca yang tidak mengenalnya. Hal ini dikarenakan buah Mangga merupakan salah satu jenis buah-buahan yang cukup banyak dikonsumsi orang-orang diberbagai negara termasuk Indonesia. Selain memiliki rasa yang manis dan agak asam terdapat banyak kandungan nutrisi pada buah Mangga yang tidak hanya baik dikonsumsi oleh kita tapi juga cocok diberikan kepada burung ocehan sebagai pakan tambahan. Untuk itu pada tulisan ini coba diulas terkait ragam manfaat buah Mangga bagi burung ocehan yang mengkonsumsinya.

Buah Mangga merupakan jenis tanaman berpohon besar yang umumnya hidup dilingkungan tropis. Ciri fisik buah Mangga memiliki kulit luar yang berwarna hijau dan untuk beberapa jenisnya ada yang berubah warna menjadi oranye kehijauan saat sudah matang. Daging buahnya berwarna oranye cerah dengan tekstur lembut dan berair. Ukuran buah Mangga tidak terlalu besar dengan bentuk memanjang dan bagian ujungnya agak melonjong. Selain itu, nutrisi yang terkandung dalam buah ini sangatlah banyak mulai dari Vitamin (A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, C, E, dan K), Karbohidrat, Lemak, Protein, Kalsium, Besi, Magnesium, Mangan, Fosfor, Kallium, Natrium, dan Zink.

Adapun manfaat buah Mangga yang diperoleh orang-orang saat mengkonsumsinya juga sama beragamnya seperti mencegah sakit jantung, mencegah penyakit kanker, menjaga kesehatan tulang, melancarkan pencernaan, menjaga kolesterol agar tidak tinggi, dan menjaga kesehatan mata. Selain itu, buah Mangga dapat dikonsumsi dengan beragam cara baik memakannya secara langsung ataupun membuatnya menjadi manisan. Dan juga buah Mangga tidak hanya dapat dimakan oleh kita tapi juga bisa diberikan kepada ragam jenis burung ocehan.
Gambar: Buah Mangga untuk Burung Ocehan
Burung ocehan yang diberikan buah Mangga sebagai makanannya sangat berguna untuk menjaga kesehatannya agar tidak mudah terkena penyakit. Selain itu, buah Mangga juga dapat diberikan ke segala jenis burung ocehan tapi biasanya yang hanya ingin memakannya adalah pemakan tumbuhan atau herbivora seperti burung Cucak Ijo, Lovebird, Robin, dan Pleci. Manfaat atau khasiat yang dapat dirasakan burung ocehan yang mengkonsumsi buah Mangga juga tak kalah beragam seperti mampu menambah berat badan agar tampak proporsional, bisa berguna untuk menjaga kesehatan mata, dan membantu melancarkan sistem pencernaan. Tentunya bila burung ocehan sedang mengalami masalah kesehatan terkait rendahnya berat badan ataupun gangguan dibagian penglihatan maka tak ada salahnya memberikan buah Mangga sebagai suatu cara untuk menormalkannya kembali.

Adapun buah Mangga yang diberikan kepada burung ocehan bisa dilakukan dengan berbagai cara yang tergantung dari selera pemiliknya. Tapi sebelum dijelaskan caranya ada baiknya buah Mangga tersebut dicuci terlebih dahulu dengan air bersih baik saat sebelum dikupas atau sesudah dihilangkan kulitnya. Selain itu, pilihlah buah Mangga yang sudah matang atau masak dengan ciri seperti yang disudah dituliskan pada paragraf ke dua. Lalu buah Mangga tersebut dapat diberikan dalam bentuk utuh dengan menyangkutkannya dibagian pinggir sangkarnya. Tapi bisa juga memotongnya dengan ukuran sedang dan kecil yang nantinya diletakkan dibagian cepuk makanannya. Selain itu, buah Mangga pun dapat diberikan beberapa kali dalam seminggu tergantung dari kondisi burung ocehan.

Yup, itulah ulasan seputar manfaat buah Mangga yang tidak hanya baik dimakan oleh kita tapi juga bisa diberikan sebagai pakan tambahan untuk burung ocehan. Untuk itu dengan membaca artikel ini dapat menambah wawasan kita terkait ragam jenis buah-buahan yang dapat disajikan kepada burung ocehan kesayangan kita di rumah. Okey.

Referensi Tulisan:
1. http://www.burungocehan.link/2014/11/mengenal-khasiat-buah-mangga-bagi.html
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Mangga
3. https://manfaat.co.id/manfaat-mangga

Referensi Gambar:
http://maxpixel.freegreatpicture.com/Mango-Fruit-White-Yellow-Cut-Slice-Isolated-2471837

0 komentar:

Post a Comment