Thursday, January 25, 2018

Mengulas Lebih Jauh Seputar Burung Jalak Mawar

Berbicara tentang jenis burung Jalak mungkin tidak ada dari para pembaca yang tidak mengenalnya. Hal ini dikarenakan jenis burung Jalak termasuk salah satu dari ragam jenis burung ocehan yang sudah umum dipelihara maupun diikutkan dalam perlombaan. Suara kicauan yang dimiliki jenis burung Jalak tidak hanya terdengar merdu tapi juga cukup rajin atau aktif dalam berkicau. Akan tetapi, jenis burung Jalak yang umumnya dikenali orang-orang diberbagai daerah hanya lah dua jenis yakni Jalak Suren dan Jalak Kerbau. Padahal masih terdapat beberapa jenis lainnya yang mempunyai kicauan tak kalah merdu dan nyaring. Untuk itu pada tulisan coba mengulik salah satu di antaranya agar kita semuanya bisa semakin mengenalnya. Adapun nama nya adalah burung Jalak Mawar.
Burung Jalak Mawar
Membaca nama burung Jalak Mawar mungkin akan sedikit asing bagi sebagian besar para pembaca sekalian. Ya, burung Jalak Mawar merupakan salah satu dari jenis burung Jalak yang terdapat di wilayah hutan Indonesia. Tapi keberadaannya tidak menetap melainkan hanya sebagai burung migrasi yang rutin mengunjungi beberapa daerah di Indonesia setiap tahunnya. Negara-negara yang menjadi habitat asli burung Jalak Mawar cukup beragam yang meliputi Ukraina, Tiongkok, Turki, dan Iram. Sedangkan, negara-negara yang menjadi tujuannya bermigrasi saat musim tiba tersebar diberbagai negara seperti India, Sri Lanka, sekitaran Eropa Barat, dan Indonesia.
Baca juga:
Nah, daerah di Indonesia yang menjadi habitat burung Jalak Mawar hanya tersebar di beberapa tempat mulai dari Bandung, Jogja, dan Pulau Bali saja. Area yang menjadi habitat burung jalak ini di Indonesia berada di kawasan terbuka berupa padang rumput dan ladang atau persawahan milik masyarakat. Saat mencari makanan biasanya bergerak secara berkelompok ataupun terkadang berbaur dengan jenis Jalak lainnya. Jenis makanan yang disantapnya pun tidak jauh berbeda dengan burung jalak lainnya yakni berupa serangga yang berukuran kecil. Musim berkembangbiak yang dijalani burung Jalak Mawar tentunya berada di negara asalnya dengan bersarang di area padang rumput yang banyak terdapat serangga untuk sumber makanannya nanti.
Kawanan Burung Jalak Mawar dalam jumlah besar
Ukuran tubuh burung yang bernama latin Pastor Roseus ini tergolong agak besar dengan panjang sekitar 21 cm. Ciri lainnya yang perlu diketahui dari burung Jalak Mawar dapat dibaca penjelasannya di bawah ini:
  1. Berwarna hitam yang menutupi beberapa area tubuhnya mulai dari mahkota kepala, sisi wajah, tengkuk, leher, tenggorokan, punggung belakang, sayap, dan ekornya.
  2. Berwarna merah jambu yang tampak dibagian paruh, punggung depan, dada, perut, tunggir, dan kakinya.
  3. Terdapat bulu-bulu yang berukuran agak panjang dibagian atas kepalanya yang membentuk jambul. Jambul tersebut dapat dikembangkan saat hendak berkicau atau bersama pasangannya.
  4. Paruhnya yang berwarna merah jambu berukuran sedang dan tampak agak tebal.
  5. Ekornya yang berwarna hitam juga memiliki ukuran agak panjang.
  6. Kakinya yang berwarna merah jambu berukuran sedang dan terlihat agak berotot.
Yup, ciri kicauan yang dimiliki burung Jalak Mawar sebenarnya tidak semerdu atau senyaring burung Jalak lainnya di Indonesia. Suara kicauannya terdengar agak nyaring dengan sedikit parau dibagian tengah dan ujung bunyinya. Tempo kicauannya tergolong cepat dan tampak seperti tidak beraturan. Tapi kekhasan suara yang dipunyai burung Jalak Mawar sering diumpakan mirip suara kaset kusut yang terdengar agak bising. Biasanya saat berkicau dilakukan secara bersama-sama atau berkelompok. Riuh dan ributnya suara kicauan burung Jalak Mawar terkadang mampu membuat burung ocehan lain yang ada disekitarnya berkeinginan untuk berkicau. Sehingga bagi Anda yang tertarik dengan burung Jalak Mawar maka tak ada salahnya menyimpan audio suaranya untuk dipakai dalam memancing burung ocehan di rumah agar semakin rajin berkicau. Okey.

Referensi Tulisan:
https://omkicau.com/2016/02/23/jalak-mawar-burung-pendatang-yang-bersuara-mirip-kaset-kusut/
http://www.kutilang.or.id/2015/05/29/jalak-mawar/

Rerefensi gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Pastor_roseus_by_Davidraju_IMG_3609_(cropped).jpg
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Rosy_Starling_(Pastor_roseus)_(8079445006).jpg

0 komentar:

Post a Comment