Sunday, January 14, 2018

Segudang Manfaat Jagung Bagi Burung Ocehan

Jenis makanan yang biasanya diberikan kepada burung ocehan pemakan tumbuh-tumbuhan atau herbivora tergolong beragam. Jenis pakan yang beragam tersebut mulai dari Pisang, Pepaya, Sayuran, Kangkung, Mangga, dan jenis biji-bijian. Kesemua jenis pakan tersebut mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan dan turut menjaga keindahan suara kicauannya. Tapi ada juga jenis pakan lain yang berasal dari tumbu-tumbuhan yang baik dan mengandung banyak manfaat untuk burung ocehan. Adapun nama pakan tersebut adalah Jagung.

Jagung termasuk jenis tanaman pangan yang mengandung karbohidrat seperti padi dan juga gandum. Orang-orang disemua negara termasuk Indonesia tentunya sudah mengenal Jagung yang sering dikonsumsi sebagai cemilan ataupun pengganti beras. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat yang terdapat pada Jagung sama mampunya untuk mengeyangkan perut dibanding makan beras ataupun gandum. Apalagi, Jagung tidak hanya dikonsumsi dalam bentuk bulir-bulir dari tongkolnya tapi juga sudah diolah keberbagai produk lainnya seperti minyak makan maupun gula. Selain itu, kandungan nutrisi yang terdapat pada Jagung juga tergolong beragam mulai dari Protein, Lemak, Air, Vitamin (A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan C), Besi, Magnesium, Fosfor, Mangan, Kalium, dan Zink.
Jagung
Disamping itu, Jagung juga mempunyai manfaat yang tidak hanya sekedar mampu membuat perut kenyang. Manfaat-manfaat tersebut antara lain sebagai sumber kalori untuk menambah tenaga, mengurangi potensi resiko wasir, menambah kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung, mencegah terkena anemia, menurunkan kadar kolestrol, dan berguna untuk menjaga kestabilan kadar gula bagi penderita diabetes. Selain itu, orang-orang yang mengkonsumsi Jagung juga terkadang diolah keberbagai bentuk makanan seperti membakarnya, dijadikan popcorn, dan bahkan jadi sayuran.
Nah, sebenarnya Jagung tidak hanya baik dimakan oleh kita tapi juga boleh diberikan kepada hewan ternak maupun burung ocehan. Mungkin sudah sering kita melihat bahwa Jagung diberikan kepada hewan ternak seperti ayam dan bebek. Tapi sangat jarang melihatnya menjadi makanan bagi burung ocehan. Padahal melihat dari ragamnya nutrisi yang ada pada Jagung tentunya sangat baik dalam menjaga kesehatan burung ocehan. Selain itu, jenis burung ocehan yang dapat diberikan Jagung sebenarnya bisa segala jenis. Tapi umumnya Jagung hanya diberikan kepada burung ocehan yang herbivora seperti burung paruh bengkok ataupun Kenari.
Baca juga:
Yup, adapun manfaat atau khasiat Jagung bagi burung ocehan yang menyantapnya termasuk beragam yang terdiri dari:
  1. Berguna meningkatkan birahi burung agar tampil maksimal saat diperlombaan.
  2. Memperlancar sisitem saluran pencernaan burung ocehan.
  3. Menjadi sumber tenaga agar burung tidak mudah lelah.
  4. Membantu burung ocehan agar tidak mudah terkena anemia, dan.
  5. Menjadikan bulu-bulunya tampak sehat dan kuat.
Sedangkan Jagung yang diberikan kepada burung ocehan cukup beragam baik yang masih muda ataupun mulai agak tua tapi yang teksturnya masih lembut. Jenis Jagungnya pun juga bisa berupa Jagung manis maupun yang biasa atau disebut Jagung Jawa. Cara memberikannya dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti memberikan satu tongkol Jagung yang disangkutkan dibagian tengah atau pinggir sangkar. Bisa juga dengan memisahkan bulir Jagung dari tongkolnya yang nantinya ditaruh pada tempat pakannya. Yang terpenting sebelum dikonsumsi burung ocehan ada baiknya untuk mencucinya terlebih dahulu hingga bersih. Dan yang lumayan penting juga untuk diingat bahwa pemberian Jagung untuk burung ocehan sifatnya adalah pakan tambahan sehingga tidak dianjurkan untuk dimakan setiap hari.

Begitulah ulasan seputar Jagung yang menjadi pakan untuk buurng ocehan yang mengandung beragam manfaat. Karenanya bagi Anda yang belum pernah memberikan Jagung kepada burung ocehan peliharaan di rumah maka tak ada salahnya untuk menambahkannya ke dalam menu makanannya. Yang terpenting untuk diingat bahwa pemberian Jagung baiknya dilakukan beberapa kali dalam seminggu atau sebulan saja. Okey.

Referensi Tulisan:
1. https://omkicau.com/2015/10/18/manfaat-jagung-dan-cara-memberikannya-pada-kenari/
2. http://www.mediaronggolawe.com/manfaat-jagung-manis-buat-kenari.html#
3. https://manfaat.co.id/manfaat-jagung

Referensi Gambar:https://pixabay.com/en/corn-on-the-cob-corn-grain-2941068/

0 komentar:

Post a Comment