Wednesday, April 25, 2018

Mengenal Keindahan Burung Bondol-hijau Binglis

Jenis burung Bondol atau yang akrab dipanggil Pipit tergolong salah satu jenis burung ocehan yang sudah umum dikenal orang-orang. Hal ini dirasa wajar sebab tidak hanya dikenal pandai berkicau tapi keberadaannya yang sering terdapat di area persawahan untuk mencari makanan berupa bulir padi. Selain itu, jenis burung Bondol tergolong sangat banyak hingga mencapai 31 jenis dengan corak warna yang mencolok dan bervariasi. Karenanya penuls pun coba untuk mengulik salah satu di antaranya agar kita semuanya dapat mengenalnya lebih mendalam. Adapun nama burung Bondol tersebut adalah burung Bondol-hijau Binglis.

Burung Bondol-hijau Binglis merupakan salah satu jenis burung Bondol dari keluarga Estrildidae yang area persebarannya hanya terbatas di kawasan Asia Tenggara saja. Negara-negara di Asia Tenggara yang menjadi habitatnya terdiri dari Thailand, Myanmar, Laos, Kamboja, Vietnam, Filipina, dan Indonesia. Begitu juga dengan daerah di Indonesia yang dtempatinya terdapat di area Sunda Besar yang meliputi Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Walaupun area persebarannya luas tapi jumlah sub-spesiesnya hanya ada dua jenis saja yakni Prasina dan Coelica.
Burung Bondol-hijau Binglis
Selain itu, area yang umumnya sering ditempati burung Bondol-hijau Binglis berupa area terbuka yang tidak terlalu jauh dari pemukiman masyarakat. Area terbuka itu cukup bervariasi seperti sekitar persawahan yang sedang memasuki masa panen, area pinggiran hutan, hutan bambu, dan semak belukar. Penyebarannya tergolong cukup merata baik di dataran rendah hingga perbukitan dan pegunungan dengan ketinggian 1200 meter dpl. Sewaktu mencari makanan seringnya bergerak dalam kelompok kecil ataupun bergabung dengan jenis burung Bondol lainnya yang memakan biji-bijian kecil. Hanya saja tidak diketahui secara pasti terkait bentuk sarang dan waktu berkembangbiak yang dijalani burung Bondol-hijau Binglis.
Baca juga:
Adapun ciri fisik burung yang bernama latin Erythrura Prasina ini tergolong kecil dengan panjang sekitar 15 sentimeter. Hanya saja, terdapat perbedaan yang cukup mencolok antara jantan dan betinanya dari segi corak warna. Dan penjelasannya bisa dibaca di bawah ini:

1. Burung Bondol-hijau Binglis jantan:
  • Berwarna hijau muda yang menutupi bagian atas tubuhnya mulai dari mahkota kepala, tengkuk, punggung, dan sayapnya. 
  • Warna biru laut terlihat dibagian wajah dan tenggorokannya saja.
  • Terlihat juga warna kuning jingga diarea sekitar pinggir perut, dada, dan tunggirnya. 
  • Tampak juga warna merah dibagian tengah perut dan area atas ekornya.
  • Paruhnya berwarna hitam yang berukuran agak besar dan terlihat tebal.
2. Burung Bondol-hijau Binglis betina:
  • Warna hijau tua tampak dibagian mahkota kepala, sisi atas wajah, tengkuk, punggung, dan sayapnya.
  • Warna merah hanya terdapat dibagian pangkal sampai ujung ekornya.
  • Warna abu-abu hanya terdapat dibagian sisi bawah wajah dan tenggorokan.
  • Warna kuning keemasan pudar dibagian pangkal dada, perut, hingga tunggirnya.
  • Lalu kakinya yang berwarna merah muda terlihat berukuran sedang.
Nah, ciri kicauan burung yang dipanggil Pin-tailed Parrot-finch dalam bahasa Inggris ini tidak diketahui secara pasti dikarenakan belum adanya rekaman suara kicauannya. Hanya saja berdasarkan keterangan yang diperoleh dari website kutilang.or.id tertulis bahwa suara kicauannya berupa cicitan yang bervolume rendah dan tinggi dengan nada seperti: “zit...zittt..ziittt”. Biasanya burung Bondol-hijau Binglis ini berkicau saat mencari makanan atau sedang bertengger bersama kawanannya.

Begitulah kira-kira penjelasan seputar burung Bondol-hijau Binglis yang tampak indah dengan corak warna bervariasi. Untuk itu, bagi Anda yang tertarik memeliharanya mungkin bisa mencarinya di pasar burung ataupun melihatnya di area persawahan. Okey.

Referensi Tulisan:
http://www.kutilang.or.id/2012/01/04/bondol-hijau-binglis/
https://omkicau.com/2013/03/13/perawatan-dan-penangkaran-burung-bondol-hijau-binglis-pin-tailed-parrot-finch/

Referensi Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Erythrura_prasina_228.jpg

5 comments

  1. Hemm, meskipun sebenarnya saya tidak hobi piara burung, tapi liat keindahan warna Bondol hijau Binglis ini jadi kepingin punya yaa 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe. . . tapi burung ini masih jarang di pasar burung mas, karena peminatnya tidak terlalu banyak.

      Delete
  2. Indah ya, ternyata masih banyak jenis burung yang belum saya lihat secara langsung. Suka penasaran kalau cuma lihat dari fotonya aja..he

    ReplyDelete
  3. Indah warna bulu nya.mirip burung dari papua atau australia.biasanya dengan warna mencolok,kicauannya kurang bagus.kemarin saya membeli di pasar burung,splendid,malang.untuk betina harganya 50 ribu,jantan 100 ribu.agak mahal karena yang jual cuma satu kios saja.padahal ada temen bilang dia pernah beli 30 ribu.

    ReplyDelete