Sunday, April 22, 2018

Mengulik Buah Sawo Sebagai Pakan Tambahan Untuk Burung Ocehan

Berbicara tentang buah Sawo mungkin hampir tidak ada dari kita yang tidak mengenal ataupun bahkan memakannya. Hal ini dirasa wajar sebab buah Sawo tergolong salah satu jenis buah-buahan yang paling banyak terdapat di pasar-pasar tradisional dan modern. Banyaknya yang menyukai buah Sawo tak terlepas dari rasanya yang manis dan tingginya kandungan air sehingga tubuh pun terasa segara. Walaupun demikian, buah Sawo pun ternyata juga bisa diberikan kepada burung ocehan sebagai pakan tambahannya. Karenanya penulis pun coba menguliknya lebih jauh lagi agar kita dapat mengetahui lebih banyak tentang buah Sawo sebagai pakan tambahan bagi burung ocehan.

Ya, buah Sawo merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi dengan tekstur daging lembut. Rasanya yang sangat manis tidak hanya untuk dimakan tapi juga ternyata mengandung banyak nutrisi didalamnya. Kandungan nutrisi tersebut cukup beragam yang terdiri dari kalsium, magnesium, fosfor, seng, tembaga, asam folat, vitamin (A, B, B6, dan C), natrium, niasi, dan riboflavin. Selain itu, buah Sawo tampak berbentuk agak oval dengan ukuran sedang dan memiliki tekstur kulit yang agak kasar tapi tidak keras atau tebal sehingga bisa dikupas cukup menggunakan gigi saja.
Buah Sawo
Disamping itu, buah Sawo yang rasanya manis ini juga ternyata mengandung beragam khasiat atau manfaat yang baik bagi kesehatan kita. Nah, manfaat-manfaat tersebut tentunya tidak hanya membuat tubuh menjadi segar tapi juga membantu dalam pembentukan sel darah merah, bisa menyehatkan tulang, menjaga kesehatan mata, mengobati sariawan, dan menjaga penuaan pada wajah. Walaupun demikian sebaiknya memang memilih buah Sawo yang sudah matang agar tidak terkena getah yang ada dibagian lapisan kulitnya.
Baca juga:
Khasiat yang terkandung pada buah Sawo ternyata juga bisa dinikmati oleh beragam burung ocehan yang menyantapnya. Ya, buah Sawo dapat diberikan sebagai pakan tambahan bagi burung ocehan dikarenakan sangat membantu dalam mendorong agar burung semakin rajin berkicau. Khasiat lainnya tentu mampu menjaga staminanya agar tidak mudah lelah atau capai saat sering berlatih berkicau. Jenis burung ocehan yang bisa diberikan buah Sawo sebenarnya tidak ada kriterianya tapi biasanya yang mau menyantapnya hanya pemakan buah dan sayuran saja seperti burung Kacamata ataupun Cucak-cucakan. Selain bisa diberikan kepada burung ocehan dewasa juga disajikan bagi burung muda bakalan tangkaran ataupun hasil tangkapan hutan.

Nah, mengingat buah Sawo hanya bersifat sebagai pakan tambahan maka ada baiknya kita jangan memberikannya secara rutin atau hingga tiap hari kepada burung ocehan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan getah di bagian area permukaan daging buah bisa berdampak buruk bagi sistem pencernaan burung ocehan. Untuk itu, buah Sawo dapat disajikan maksimal dua kali dalam seminggu dengan takaran hanya seperempat dari total satu buah Sawo. Selain itu, pilihlah buah yang kondisinya sudah matang dengan tekstur daging yang lembut dan sebaiknya mengupas kulitnya terlebih dahulu lalu mencuci buah dengan air bersih yang mengalir.

Yup, sampai sinilah ulasan seputar buah Sawo yang menjadi pakan tambahan bagi burung ocehan pemakan buah-buahan ataupun sayuran. Hanya saja, sebelum memberikan buah Sawo maka ada baiknya diperhatikan terkait dengan tingkat kematangan buah dan takarannya agar manfaat yang disebutkan bisa merasuk ke dalam tubuh burung ocehan Anda. Okey.

Referensi Tulisan:
1. https://omkicau.com/2013/07/31/sawo-untuk-burung-pemakan-buah-nektar/
2. https://www.khasiat.co.id/buah/sawo.html

Referensi Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Sawo_penampang_Pj_DSC_0227.jpg

2 comments