Saturday, May 19, 2018

Lebih Dekat Mengenal Burung Meninting Besar

Jenis burung ocehan yang berasal dari keluarga Turdidae telah umum dikenal orang-orang tidak hanya di Indonesia tapi juga diberbagai negara lainnya memiliki suara kicauan merdu dan bervariasi. Kicauan merdu nya tidak hanya membuatnya banyak dipelihara tapi juga sangat sering diikutkan dalam berbagai ajang perlombaan. Selain itu jenis burung ocehan dari keluarga Tudidae yang banyak dikenal hanya terbatas pada jenis burung Murai Batu, Anis Merah, Kacer, dan Anis Kembang. Karenanya, penulis pun coba mengulik yang belum terlalu dikenal orang-orang. Dan nama burung ocehan tersebut adalah burung Meninting Besar.

Burung Meninting Besar merupakan salah satu dari tiga jenis burung Meninting yang berasal dari keluarga Turdidae. Keberadaan burung Meninting Besar tersebar merata kebarbagai negara di kawasan Asia mulai dari Nepal, Tiongkok, Thailand, Myanmar, Malaysia dan Indonesia. Selain itu, daerah di Indonesia yang banyak terdapat populasi burung Meninting Besar berada di kawasan Sunda Besar yang meliputi Pulau Sumatera, Nias, Pulau Batu, Kalimantan, Jawa, dan Bali. Walaupun area persebarannya cukup luas tapi jumlah sub-spesiesnya tidak terlalu banyak hanya sekitar enam jenis yang terdiri dari Indicus, Sinensis, Frontalis, Borneensis, Chaseni, dan Leschenaulti.
Burung Meninting Besar
Sedangkan keberadaan burung Meninting Besar di alam liar juga tersebar cukup merata mulai dari dataran rendah hingga perbukitan yang rentang ketinggian mencapai 1400 meter dpl. Area tempat hidupnya di alam liar tak jauh dari sumber air ataupun aliran air sungai yang banyak terdapat pepohonan rindang. Dipilihnya area dekat yang menjadi habitatnya sebenarnya tak bisa dilepaskan dari kebiasaannya yang sering membasahi bulu-bulu di kepala dan sayapnya agar tidak mudah kusam saat terlalu lama terpapar sinar matahari. Untuk itu, burung Meninting Besar sangat sering terlihat meloncat dari satu batu ke batu lain yang ada di dekat aliran sungai.

Sewaktu mencari makanan biasanya burung Meninting Besar terbang secara sendirian atau berpasangan. Tempat nya mencari makanan tentu tak jauh dari aliran sungai dengan mematuk tanah untuk memakan jangkrik, ulat, larva, dan siput. Selain itu, masa berkembangbiak yang dijalaninya berlangsung sekitar bulan April hingga Juni dengan membangun sarang yang diletakkan di antara akar-akar pohon dekat aliran sungai. Jumlah telur yang biasanya dierami sang indukan tidak terlalu banyak yang hanya sekitar empat butir saja.
Baca juga:
Nah, ukuran tubuh burung Enicurus Leschenaulti yang dipanggil dalam bahasa latin ini tergolong sedang dengan panjang sekitar 25 sentimeter. Dan ciri fisik lainnya bisa dibaca ulasannya di bawah ini:

  1. Berwarna hitam pekat yang menutupi sebagian besar anggota tubuhnya mulai dari belakang kepala, tengkuk, punggung, wajah, tenggorokan, dada, pangkal perut, dan bagian atas ekornya.
  2. Berwarna putih cerah yang tampak dibagian depan mahkota kepala, sisi tengah punggung sayap berupa garis panjang vertikal, punggung belakang, ekor berupa bercak bergaris, perut, hingga tunggirnya. 
  3. Matanya yang berwarna hitam kecokelatan berukuran sedang memiliki sorot yang agak tajam.
  4. Paruhnya yang berwarna hitam berukuran agak panjang dan terlihat agak tebal.
  5. Ekornya yang berwarna hitam dan putih ini berukuran lumayan panjang yang terdiri dari beberapa helai bulu yang lebar.
  6. Kakinya yang berwarna merah muda berukuran sedang dengan cakar yang tidak terlalu tajam.

Berbicara tentang suara kicauan burung Meninting Besar terdengar tak kalah merdu dibandingkan jenis burung lainnya dari keluarga Turdidae. Suara kicauannya tergolong nyaring dengan adanya siulan ganda yang bergetar. Volume kicauannya juga tidak terlalu tinggi yang terdengar tidak sampai melengking di telinga. Hanya saja, irama kicauanya cenderung kurang stabil dengan suara yang agak monoton atau diulang-ulang. Walaupun demikian, secara umum suara kicauannya tetap terdengar cukup lantang dan tajam.

Yup, menarik bukan penjalasan tentang burung Meninting Besar yang dimuat dalam artikel ini. Tentunya dengan membaca artikel ini semakin dapat menambah wawasan kita wawasan kita tentang ragam jenis burung ocehan yang belum banyak dikenal dan terutama yang berasal dari keluarga Turdidae.

Referensi Tulisan:
https://www.hbw.com/species/white-crowned-forktail-enicurus-leschenaulti#Descriptive_notes
http://www.kutilang.or.id/2012/06/26/meninting-besar/
https://omkicau.com/2014/07/10/meninting-besar-burung-pesolek-yang-tak-mau-jauh-dari-air/

Referensi Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Enicurus_leschenaulti.jpg

0 komentar:

Post a Comment