Wednesday, May 2, 2018

Mengenal Lebih Dekat Burung-madu Matari

Jenis burung Madu yang semua spesiesnya tergolong burung dilindungi umumnya dikenal memiliki corak warna bulu yang indah. Keindahan corak warna bulu jenis burung Madu biasanya cukup bervariasi dengan warna mencolok dan mengkilap sehingga saat terpapar sinar matahari warnanya semakin terlihat menarik. Karakternya pun dikenal cukup aktif berpindah-pindah dari satu ranting atau pohon ke ranting yang lain sambil mencari nektar bunga. Selain itu, karakter suara kicauannya pun tergolong nyaring dan terkadang juga dimanfaatkan untuk memaster burung ocehan lainnya. Dan pada artikel ini coba mengenalkan salah satu jenis burung Madu yang habitatnya hanya terdapat di Indonesia. Adapun nama burung Madu tersebut adalah burung-madu Matari.

Burung-madu Matari merupakan salah satu jenis burung dari keluarga Nectariniidae yang area penyebarannya hanya terdapat di Indonesia. Daerah di Indonesia yang menjadi habitatnya pun hanya tersebar dibagian timur yang meliputi area Sumbawa, Flores, Komodo, Lomblen, Timor, Roti, Alor, Atauro, Semau, dan Pulau Wetar. Terbatasnya area persebarannya mungkin tak bisa dipisahkan dari jumlah sub-spesiesnya yang hanya terdiri dari dua jenis yakni Solaris dan Exquisitus. Untuk itu lah mungkin juga masih banyak yang belum mengenalnya.
Ilustrasi Sepasang Burung-madu Matari
Begitu juga dengan kehidupannya di alam liar biasanya menempati area dataran tinggi dengan rentang berkisar 720 sampai 1000 meter dpl. Area alam bebas yang menjadi tempat tinggalnya tergolong cukup luas mulai dari dekat dengan pemukiman masyarakat sampai area hutan. Area terbuka yang ditinggalinya berupa hutan monsum sekunder, tepian hutan, lahan budidaya, taman-taman yang banyak pepohonan didekat pemukiman masyarakat, dan rumpun perdu. Masa berkembangbiak yang dijalaninya berlangsung sekitar bulan Maret sampai Agustus.
Baca juga:
Adapun ciri fisik burung yang bernama latin Cinnyris Solaris ini memiliki ukuran tubuh kecil dengan panjang hanya sekitar 11 cm saja. Ciri lainnya bisa dibaca ulasannya di bawah ini:

1. Burung Jantan
  • Hijau zaitun kekuningan tampak dibagian mahkota kepala, tengkuk, punggung, dan pangkal sayapnya.
  • Warna hitam kusam keabu-abuan terlihat dibagian sisi sayap, punggung bawah, dan ekornya.
  • Warna biru tua kehitaman mengkilap menutupi bagian depan wajah, sisi wajah, tenggorokan, dan pangkal dadanya.
  • Terlihat juga warna oranye dibagian dada, perut, hingga ke tunggirnya. 
  • Kakinya yang berwarna hitam berukuran sedang dengan cakar yang tajam.
  • Paruhnya yang berwarna hitam berukuran agak panjang dengan bagian depannya melengkung ke bawah.
2. Burung Betina
  • Warna hijau zaitun kekuningan terlihat dibagian mahkota kepala, tengkuk, keseluruhan punggung, dan pangkal sayapnya.
  • Warna putih hanya terdapat dibagian alis atas dan bawah matanya.
  • Warna kuning agak kusam terdapat dibagian tenggorokan, dada, perut, dan tunggirnya.
  • Warna hitam tampak dibagian hampir keselurahan sayap, ekor, kaki, dan paruhnya.
Nah, untuk ciri kicauan burung Flame-breasted Sunbrid yang dipanggil dalam bahasa Inggris ini tergolong nyaring dan melengking di telinga. Volume kicauan yang dibunyikannya juga cukup tinggi dengan tempo yang tidak terlalu cepat. Hanya saja, suara kicauannya tergolong monoton yang selalu melakukan pengulangan dengan durasi cukup lama hingga mencapai hampir dua menit. Walaupun demikian, suara kicauan burung-madu Matari tetap terdengar lantang dan merdu sehingga cocok dipakai untuk memaster burung ocehan lainnya.

Yup, begitulah sepenggal ulasan seputar burung-madu Matari yang tidak hanya memiliki corak warna indah tapi juga bersuara nyaring. Hanya saja, mengingat semua jenis dari keluarga Nectariniidae termasuk burung dilindungi maka kita tidak boleh menangkap, memperdagangkan, dan memelihara. Dan bagi Anda yang tertarik dengan burung-madu Matari maka alternatifnya dengan menyimpan audio suaranya yang ada di internet. Selamat membaca.

Referensi Tulisan:
1. https://omkicau.com/2014/01/27/audio-burung-madu-matari-untuk-masteran-pleci/
2. http://www.kutilang.or.id/2012/11/05/burung-madu-matari/
3. https://www.hbw.com/species/flame-breasted-sunbird-cinnyris-solaris

Referensi Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Cinnyris_solaris_Keulemans.jpg

2 comments