Saturday, May 12, 2018

Mengenal Telur Puyuh Sebagai Pakan Tambahan Bagi Burung Ocehan

Bila ditanyakan tentang Telur Puyuh pastinya hampir setiap dari kita sudah mengenal ataupun pernah memakannya. Ya, telur puyuh yang berasal dari burung Puyuh ini memang salah satu jenis telur unggas yang umum dikonsumsi orang-orang selain telur ayam. Walaupun ukurannya sangatlah kecil hanya sebesar kelereng tapi rasanya tak kalah enak dengan banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Selain itu, telur puyuh pun juga bisa dijadikan sebagai pakan tambahan bagi burung ocehan pemeliharaan di rumah. Untuk itu pada tulisan ini coba mengulasnya lebih jauh lagi agar kita semakin mengenalnya.

Telur puyuh merupakan salah satu jenis telur yang berasal dari burung yang sudah sangat lama sekali dikonsumsi orang-orang. Tidak diketahui secara pasti kapan orang-orang diberbagai negara termasuk Indonesia mulai rutin mengkonsumsi telur puyuh dan menternak burung-burung puyuh petelurnya. Penyebaran negara yang masyarakatnya banyak memakan telur puyuh tidak hanya terdapat di Indonesia tapi juga di Eropa, Amerika, dan beberapa negara lainnya di kawasan Asia. Tapi biasanya telur puyuh yang dimakan lebih sering direbus hingga matang dahulu. Selain itu, telur puyuh juga diolah menjadi sate  dan membuatnya menjadi bahan tambahan untuk memperindah tampilan makanan.
Telur Puyuh
Dengan mengetahui banyaknya yang menyukai telur puyuh sebenarnya tak terlepas dari tingkat kandungan gizinya yang tergolong bervariasi. Nutrisi yang ada pada telur puyuh tersebut berupa Vitamin (A, B6, E, dan K), Kolesterol, Energi, Protein, Lemak, Riboflavin, Karbohidrat, Asam Phantothenat, Kolin, Besi, Fosfor, Natrium, Tembaga, Mangan, Selenium Thiamin, dan Magnesium. Selain mengandung nutrisi tinggi juga terdapat manfaat atau khasiatnya yang tak kalah bervariasi seperti: berguna menjaga kesehatan mata, mampu menjaga penuaan, memperkuat fungsi otak, dan menjaga stamina agar tidak mudah capai atau lelah.

Nah, pada akhir paragraf pertama dituliskan bahwa telur puyuh juga bisa diberikan kepada burung ocehan peliharaan kita. Burung ocehan yang diberi telur puyuh tentunya tidak boleh dijadikan sebagai harian tapi pemberiannya bisa sekitar dua kali seminggu saja. Alasan dilarangnya burung ocehan menyantap telur puyuh setiap hari tak terlepas dari kandungan lemaknya yang tinggi dan berpengaruh dalam menambah berat badannya sampai terlihat gemuk atau obesitas.
Baca juga:
Telur puyuh yang hendak diberikan pun biasanya direbus terlebih dahulu dengan mengupas kulit luarnya yang keras. Selain itu, bisa juga mencampurkannya ke dalam voer agar burung ingin memakannya. Cara ini berguna saat burung ocehan merasa asing dengan aroma telur puyuh dan masih enggan untuk memakannya. Dan juga, jenis burung ocehan yang umumnya menyantap telur puyuh sebenarnya tidak ada batasan tapi biasanya diberikan kepada burung pemakan serangga seperti Ciblek ataupun Murai Batu.

Disamping itu juga, khasiat atau manfaat telur puyuh yang disantap burung ocehan tak kalah bervariasi yang meliputi: menjadi sumber tenaga agar stamina burung tidak mudah lelah saat aktif mengeluarkan suara kicauannya. Khasiat lainnya mampu mendorong burung lebih aktif berkicau atau terdengar semakin gacor, menjaga kesehatan mata, dan meningkatkan kemampuan fungsi otak agar lebih mudah mengingat suara-suara burung masteran yang sering didengarnya.

Yap, begitulah kiranya uraian ringkas seputar telur puyuh yang tidak hanya baik dimakan oleh kita tapi juga bisa dijadikan pakan tambahan untuk burung ocehan. Sebab kandungan nutrisinya tidak kalah bagus dibandingkan dengan telur ayam ataupun pakan serangga yang biasa disantap burung ocehan. Tentunya, agar khasiatnya bisa meresap sepenuhnya maka pemberiannya tidak boleh berlebihan dan sesuai takaran sebagaimana yang ditulis dalam artikel ini. Oke.

Referensi Tulisan:
1. https://omkicau.com/2013/08/02/telur-puyuh-rebus-agar-ciblek-rajin-bunyi/
2. http://www.budidayakenari.com/2015/04/manfaat-telur-puyuh-untuk-kenari.html
3. https://bidanku.com/enak-dan-bergizi-berikut-informasi-kandungan-nutrisi-dan-manfaat-telur-puyuh
4. https://www.arbamedia.com/2015/12/manfaat-telur-puyuh.html

Referensi Gambar:
https://pixabay.com/en/eggs-quail-products-food-2409471/

0 komentar:

Post a Comment