Monday, May 14, 2018

Pelanduk Dada-putih, Si Burung Ocehan yang Mulai Terancam

Berbicara tentang jenis burung ocehan yang tersebar di wilayah Indonesia umumnya ada di antaranya yang populasinya sedang terancam di alam liar. Terancamnya populasi jenis burung ocehan tersebut tak bisa dilepaskan dari menipisnya hutan yang menjadi habitatnya. Selain itu, maraknya perburuan liar yang tak diimbangi dengan penangkaran tentunya turut membuat populasinya pun kian terancam. Untuk itu pada tulisan ini coba mengulik salah satu di antaranya agar kita agar semakin mengenalnya. Dan nama burung ocehan tersebut adalah burung Pelanduk Dada-putih.

Burung Pelanduk Dada-putih merupakan salah satu burung yang berasal dari keluarga Timaliidae yang dikenal memiliki suara kicauan yang merdu. Penyebarannya di Indonesia diketahui hanya terdapat di Pulau Sumatera, Kepulauan Riau, Kepulauan Lingga, Belitung, Kalimantan, dan Pulau Banggi. Akan tetapi keberadaannya pun juga ditemukan dibeberapa negara tetangga kita seperti Myanmar, Thailand, Malaysia, dan Singapura. Walaupun area persebarannya berada di hampir seluruh kawasan Asia Tenggara tapi jumlah sub-spesiesnya hanya terdiri dari dua jenis saja yakni Rostratum dan Macropterum.
Burung Pelanduk Dada-putih
Di alam liar, burung Pelanduk Dada-putih banyak terdapat di kawasan dataran rendah hingga perbukitan dengan ketinggian maksimal sekitar 500 meter dpl. Area hutan yang menjadi tempat tinggalnya cukup bervariasi seperti hutan rawa-rawa, hutan dekat tepian sungai, dan hutan mengrove. Kebiasannya saat mencari makanan bergerak secara berpasangan dan terkadang juga bergabung bersama jenis burung lainnya. Begitu juga dengan jenis makanan yang rutin disantapnya umumnya berupra serangga yang berukuran kecil dan larva serangga. Secara umum waktu berkembangbiak yang dijalaninya berlangsung sekitar bulan Maret sampai Juni dengan sarang yang berbentuk mirip mangkuk dan mampu mengerami telur sebanyak dua butir.
Baca juga:
Sedangkan ukuran fisik burung Trichastoma rostratum tergolong kecil dengan panjang sekitar 15 cm saja. Dan ciri fisik lainnya bisa dibaca ulasannya di bawah ini:

  1. Berwarna cokelat berangan yang menutupi bagian atas tubuhnya mulai dari mahkota kepala, sisi wajah, tengkuk, punggung, sayap, dan ekornya.
  2. Warna putih kusam terlihat dibagian bawah anggota tubuhnya yang meliputi tenggorokan, dada, perut, hingga area tunggirnya.
  3. Matanya yang berwarna hitam kecokelatan terlihat berukuran sedang dengan sorot yang agak tajam.
  4. Paruhnya berwarna hitam pekat yang berukuran sedang dan terlihat agak tebal.
  5. Ekornya yang berwarna cokelat tersebut berukuran sedang yang terdiri dari beberapa helai bulu yang agak lebar.
  6. Lalu kakinya berwarna hitam kecokelatan yang berukuran sedang dengan cakar yang tajam.

Disamping itu, ciri kicauan burung Pelanduk Dada-putih tidak kalah merdu dari saudara dekatnya yakni burung Pelanduk Semak. Suara kicauan yang dibunyikannya terdengar nyaring dan melengking di telinga. Begitu juga dengan volume kicauannya pun cukup tinggi dan lantang atau tajam. Nada kicauannya cukup bervariasi yang terdiri dari 3 sampai 6 nada yang dimulai dengan nada agak tinggi lalu terus menanjak tinggi hingga turun kembali dengan tempo yang cukup rapat. Selain itu, bila didengarkan dengan seksama suara kicauan burung Pelanduk Dada-putih terdengar seperti suara yang sedang berkata “minta duit”.

Nah, sampai sinilah penjelasan seputar burung Pelanduk Dada-putih yang suara kicauannya tidak kalah merdu dan nyaring dibandingkan jenis burung ocehan lainnya yang sudah umum kita kenal. Hanya saja, mengingat populasinya yang Hampir Terancam maka ada baiknya bagi kita yang tertarik memeliharanya dapat membelinya dari hasil budidaya atau penangkaran. Selain itu, bila dilatih dengan baik maka burung Pelanduk Dada-putih pastinya sangat berguna untuk dijadikan burung masteran bagi burung ocehan yang nantinya akan diikutkan dalam perlombaan.

Referensi Tulisan:
https://www.hbw.com/species/white-chested-babbler-trichastoma-rostratum
http://www.kutilang.or.id/2014/04/30/pelanduk-dada-putih/
https://omkicau.com/2016/09/21/pelanduk-dada-putih-suaranya-unik-berjuluk-burung-minta-duit/

Referensi Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Trichastoma_rostratum.jpg

0 komentar:

Post a Comment