Friday, May 11, 2018

Ragam Manfaat Biji Gandum Bagi Burung Ocehan

Jenis makanan yang bisa diberikan kepada burung ocehan herbivora tergolong cukup beragam atau bervariasi. Variasi makanannya tersebut berupa buah-buahan kecil sampai besar, sayur-sayuran, dan biji-bijian. Masing-masing dari jenis makanan tersebut tentunya mengandung banyak nutrisi yang sangat baik dalam menjaga kesehatan fisik dan mental burung ocehan. Untuk itu pada kali ini penulis coba mengenalkan salah satu jenis makanan burung ocehan herbivora yang berasal dari biji-bijian. Adapun nama makanan tersebut adalah biji Gandum.

Biji Gandum merupakan salah satu jenis tanaman srealia yang berasal dari suku padi-padian yang memiliki 23 spesies. Begitu juga dengan sejarahnya bahwa tanaman Gandum sudah sangat lama dikenal manusia sebagai sumber pakan utama sejak 2700 tahun lalu Sebelum Masehi. Daerah yang awalnya menggunakan biji Gandum sebagai makanan utama berada di kawasan Asia mulai dari sekitar Laut Merah, Laut Mediterania, Turki, Irak, Siria, Iran, hingga Cina. Akan tetapi dalam perkembangannya, tanaman Gandum ternyata menyebar kehampir seluruh penjuru negara hingga Eropa dan Amerika.
Biji Gandum
Disamping itu, Gandum yang banyak dikonsumsi orang-orang diberbagai negara hingga Indonesia biasanya diolah keberbagai jenis bahan mentah hingga makanan yang meliputi tepung terigu, bahan untuk fermentasi pembuatan alkohol, dijadikan sereal, dan olahan aneka kue. Selain memiliki rasanya yang enak ternyata biji Gandum juga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh kita yang meliputi: Vitamin (B1, B2, B3, dan B6) dan E, Asam Folat, Protein, Serat Pangan, Magnesium, Fosfor, Seng, Mangan, Selenium, Tembaga, dan Zat Besi. Begitu juga dengan manfaat yang dirasakan oleh kita yang mengkonsumsinya umumnya baik untuk mengatur kadar gula darah bagi penderita diabetes, mencegah datangnya penyakit batu empedu, memperkuat imun tubuh, mencegah terkena obesitas, menjaga kesehatan jantung, dan baik untuk sisitem pencernaan kita.
Baca juga:
Nah, biji Gandum tidak hanya baik dan sehat dikonsumsi oleh kita tapi juga bisa diberikan kepada burung ocehan peliharaan. Pemberian Gandum untuk burung ocehan tak bisa dilepaskan dari kandungan gizi dan besarnya khasiat atau manfaatnya. Khasiat yang dimiliki biji Gandum untuk burung ocehan cukup bervariasi atau beragam mulai dari mampu menjaga berat badannya agar tidak terlalu gemuk atau kurus, berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh, memperlancar sistem pencernaan, mampu menjaga staminanya agar tidak muda ngedrop atau lelah, dan turut mendukung kelancaran sistem produktivitas burung indukan.

Walaupun mengandung banyak manfaat dan nutrisi tapi tidak semua jenis burung ocehan yang ingin memakan biji Gandum. Biasanya jenis burung ocehan yang memakan biji Gandum kebanyakan yang herbivora atau khususnya pemakan biji-bijian seperti burung paruh bengkok dan kenari. Dalam penyajiannya biasanya biji Gandum tidak hanya diberikan begitu saja tapi dicampurkan bersama jenis biji-bijian lainnya agar burung ocehan semakin berselera untuk menyantapnya. Selain itu, biji Gandum yang diberikan bisa dalam bentuk kasar atau dapat dibelender terlebih dahulu hingga halus.
Begitulah penjelasan seputar biji Gandum yang mengandung banyak nutrisi dan baik dikonsumsi oleh burung ocehan.

Untuk itu dari membaca artikel ini kiranya membuat para pembaca sekalian mulai tertarik menjadikan biji Gandum sebagai pakan harian atau tambahan bagi burung ocehan kesayangan Anda di rumah. Selamat mencoba.

Rereferensi Tulisan:
https://omkicau.com/2015/07/04/biji-gandum-untuk-dongkrak-stamina-dan-mengatasi-burung-kurus/
https://id.wikipedia.org/wiki/Gandum#Nutrisi_lembaga_gandum
http://www.cherewed.com/2018/02/5-manfaat-dan-khasiat-pemberian-biji.html

Referensi Gambar:
https://pixabay.com/en/cereals-cereal-grains-wheat-harvest-168742/

2 comments

  1. Segudang manfaat baik dari gandum .., ngga cuma bermanfaat buat kebutuhan nutrisi manusia tapi juga semua burung, unggas dan hewan.

    ReplyDelete