Saturday, January 28, 2017

Sepenggal Mitos pada Kucing yang Jarang Diketahui

Kucing merupakan salah satu dari puluhan jenis hewan yang banyak dijadikan orang-orang sebagai hewan peliharaan. Tidak diketahui secara pasti entah sejak kapan manusia mulai mengenal dan menjadikan kucin sebagai hewan peliharaan. Tapi dari ribuan tahun bahkan sebelum masehi keberadaan kucing sudah lama ada dan membentuk sejarahnya sendiri bersama manusia. Begitu lamanya kucing dikenal secara baik oleh manusia untuk dipelihara ternyata telah muncul dan tumbuh ragam pendapat seputar kucing. Pendapat tersebut lebih kepada mitos yang mengarahkan sesuatu kejadian dengan tingkah atau perilaku kucing termasuk jenis dan warna bulunya.

Mitos yang berkembang pada kucing sudah sangat lama sekali terjadi dan telah berlangsung secara turun temurun hingga sampai sekarang ini. Kepercayaan mitos yang disematkan kepada kucing cukup sulit dicerna oleh akal pikiran termasuk soal pembuktian kebenarannya. Akan tetapi tetap saja bagi sebagaian kalangan masyarakat ada yang mempercayai mitos tersebut benar adanya. Salah satu mitos pada kucing yang paling sering didengar adalah mengenai kucing jantan belang tiga yang dipercaya mempunyai kekuatan magis atau semacam mistik yang dapat melumpuhkan mangsanya hanya dengan memandangnya. Kuatnya mitos yang satu ini dibarengi dengan langkanya keberadaan kucing jantan belang tiga yang perbandingannya antara 1:1000. Artinya tiap seribu ekor kucing yang lahir kemungkinan terdapat kucing belang tiga yang berkelamin jantan hanya ada satu ekor saja. Hingga bagi orang tertentu bahkan berani membeli kucing jantan belang tiga dengan harga yang cukup tinggi melebihi kucing ras asal eropa.
Baca juga:
Gambar: Kucing Kampung
Nah, pada artikel ini penulis menguraikan mitos-mitos lainnya yang banyak disematkan kepada kucing. Untuk itu, baca dan simaklah artikel ini sampai tuntas, okey:
  1. Dikatakan kucing tersebut membawa kabar baik ataupun dapat menambah kemudahan dalam mencari rezeki dengan ciri bulu berwarna hitam dan terdapat warna putih sedikit dibagian keningnya. Ataupun kucing yang dipelihara mempunyai anak sampai tujuh dalam satu kali kawin dapat membantu pemiliknya untuk mendapatkan banyak rezeki. Dan bila pada acara pesta terdapat kucing yang datang diyakini dapat mendatangkan keberuntungan bagi si empunya acara.
  2. Bila melihat kucing yang hendak menyebarang jalan tapi niatnya urung dengan kembali ketempatnya semula maka itu pertanda kurang baik bagi pekerjaan yang akan sering molor atau terbengkalai.
  3. Bila kucing tertabrak dijalan diminta untuk segera menguburnya. Mitosnya untuk menghindarkan bencana yang menimpa si pelanggarnya agar tidak bernasib sama seperti kucing tersebut.
  4. Kucing yang dilukai dengan cara dipukul oleh siapapun sampai terluka ataupun mati dipercaya dapat mendatangkan kabar buruk dengan berkurangnya rezeki yang diperoleh.
  5. Kucing yang menjilati kaki pemiliknya diyakini pula dapat mendatangkan kabar baik dengan bertambahnya rezeki yang diperoleh si pemilik atau salah satu dari keluarganya.
  6. Rumah yang disambangi oleh kucing liar tak bertuan dan disambut baik oleh pemilik rumah diyakini dapat memudahkan rezeki datang menghampiri si empunya rumah.
  7. Selain mitos yang terkait kekuatan gaib dipercaya pula kucing belang tiga yang lahir sebagai tanda untuk mendatangkan rezeki bagi si pemiliknya.
  8. Mitos yang penulis rasa paling hebat adalah saat kucing berwarna hitam sampai melombati atau melangkahi jenazah diyakini dapat membangkitkan jenazah tersebut kembali.
Itulah mitos yang terkait dengan kucing yang dipercaya kebenarannya sampai dengan sekarang ini. Akan tetapi pesan moral bagi penulis terkait mitos yang dituliskan dalam artikel ini mestinya kita memperlakukan dengan baik kucing ataupun hewan lainnya agar tidak menyiksanya. Karena kucing ataupun hewan lainnya sebenarnya punya hak yang sama untuk disayangi oleh manusia atau paling tidak dengan tidak memukulnya sampai terluka apalagi sampai mati.

0 komentar:

Post a Comment