Wednesday, April 5, 2017

Ragam Manfaat Jangkrik bagi Burung Murai Batu

Pakan yang diberikan kepada burung Murai Batu jenisnya cukup banyak mulai dari voer, kroto, belalang, ikan guppy, sampai dengan jangkrik. Kesemua jenis pakan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh burung Murai Batu agar kesehatannya terjaga dan mampu menambah ingatannya dalam menguasai ragam jenis kicauan. Hanya saja, dari jenis pakan yang disebutkan tersebut terdapat satu jenis pakan yang paling terkenal dan cukup sering diberikan kepada burung Murai Batu maupun jenis burung lainnya. Dan nama pakan tersebut adalah Jangkrik.

Bila ditanya tentang Jangkrik mungkin semua telah mengenalnya sebagai serangga yang mirip belalang dan suka melompat-lombat. Jangkrik telah lama dikenal sebagai pakan burung pemakan serangga tanpa terkecuali Murai Batu yang dianggap memiliki kandungan nutrisi tinggi yang bermanfaat bagi tubuhnya. Selain itu, Jangkrik pun kadang diberikan kepada hewan peliharaan lainnya seperti ikan karena mampu mempercepat pertumbuhan. Dikatakan bahwa pada tiap ekor Jangkrik mengandung ragam nutrisi yang bernilai gizi tinggi seperti lemak, protein, asam amino, hormon steroid, dan karbohidrat.
Gambar: Jangkrik
Adapun Jangkrik yang rupanya mirip seperti belalang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Berukuran kecil dengan panjang sekitar 4 cm saja.
  2. Berwarna hitam dibagian kepala, punggung, dan ekornya.
  3. Berwarna cokelat gelap dibagian seluruh kaki, dan badannya.
  4. Terdapat dua antena berukuran lumayan panjang dibagian depan kepalanya.
  5. Dibagian belakang tubuhnya terdapat juga dua antena yang ukurannya sedikit lebih pendek dibandingkan dengan depan kepalanya.
  6. Terdapat empat kaki berukuran pendek dibagian depan tubuhnya dan dua kaki yang berukuran panjang yang fungisnya untuk melompat.
  7. Bila dilihat lebih jeli dibagian tubuh atasnya terdapat dua sayap yang warnanya agak kecokelatan.
  8. Dan ciri suaranya terdengar bunyi seperti “krik...krik...krik” yang diulangi secara terus menerus dan biasanya berbunyi pada malam hari.
Sebelum mengulik lebih dalam lagi terkait ragam manfaat yang dimiliki Jangkrik bagi burung Murai Batu terlebih dahulu dijelaskan terkait cara pemberiannya. Burung Murai Batu yang diberikan pakan jangkrik biasanya berlangsung sejak masih trotolan atau kecil. Tujuannya agar saat besar nanti sudah terbiasa dan tidak asing lagi memakannya. Jangkrik yang diberikan kepada burung Murai Batu bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti memotong dua kaki panjang dibelakang tubuhnya. Selain itu, bisa pula diberikan utuh kepada burung Murai Batu yang ada disangkar dan mengubahnya terlebih dahulu menjadi tepung jangkrik. Pemberian jangkrik ini pun bisa pula memanfaatkan disaat kulitnya lagi berwarna putih atau saat baru melewati fase ganti kulit.

Nah, berbicara tentang ragam manfaat yang ada pada jangkrik untuk burung Murai Batu bisa dikatakan mampu mengoptimalkan kicauan agar terdengar lantang, merdu, dan nyaring. Burung Murai Batu yang diberikan pakan jangkrik pun mampu terjaga staminanya agar tidak mudah lelah saat berlama-lama diarena lomba atau sedang latihan bersama jenis burung lainnya. Karena nya tak khayal pada saat beberapa hari lagi burung Murai Batu hendak ikut lomba biasanya pemberian jangkriknya akan ditambahkan beberapa ekor. Manfaat lainnya mampu menaikkan tingkat birahi burung yang membuatnya mudah terpancing untuk berkicau saat mendengar atau diperdengarkan kicauan yang lantang.

Yup, begitulah penjelasan seputar Jangkrik yang terkait dengan manfaat, ciri, dan kandungan nutrisinya yang berdampak positif bagi burung Murai Batu yang menyantapnya. Tentunya bagi Anda yang ingin terus memberikan jangkrik kepada burung Murai Batu tidak perlu pusing mencarinya sebab sudah banyak orang-orang yang telah membudidayakannya dan dijual dengan harga relatif terjangkau. Dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda sekalian.

Sumber Tulisan:
1. https://omkicau.com/2014/03/17/menyiasati-burung-yang-tak-mau-makan-jangkrik/
2. http://www.tipsburung.com/2016/08/mempertanyakan-kembali-waktu-paling.html

Sumber Gambar:
https://cdn.pixabay.com/photo/2014/12/25/22/35/cicada-580103_960_720.jpg

0 komentar:

Post a Comment